Marketing Trends

Dailybox Ajak Konsumen Jaga Kesehatan Mental

Dailybox Ajak Konsumen Jaga Kesehatan Mental
Dailybox

Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami depresi.

Di sisi lain, Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di tahun 2016, diperoleh data bunuh diri per tahun sebanyak 1.800 orang. Artinya, setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri. Sebanyak 47,7% korban bunuh diri berusia 10-39 tahun – rentang usia anak remaja dan usia produktif.

Memahami kondisi tersebut, startup Food & Beverage multiplatform Dailybox dan Positive Vibes mengadakan SelaluAdaRasadiSetiapKata, kampanye untuk menormalisasi diskusi seputar kesehatan mental. Kegiatan ini akan diadakan pada 12 November 2022, mulai pukul 13.00, di Multifunction Hall Gedung Sarinah Thamrin.

Selama kampanye berlangsung, pengunjung dan para pelanggan Dailybox dapat mengikuti tes gratis untuk mengetahui seberapa sehatkah dirinya secara mental. Selain tes kesehatan mental, kampanye ini akan diisi dengan pameran instalasi seni, konseling kejiwaan gratis, workshop dan diskusi yang akan dipandu oleh psikolog dan public figure, antara lain Jerren Lim, Advokat Kesehatan Mental dan Psikiater Nova Riyanti Yusuf.

Helen Anggakusuma, Head of Brand Marketing Dailybox Group menyampaikan bahwa Dailybox memberikan lebih dari rasa lewat kata-kata positif untuk memotivasi pelanggannya dan mengomunikasi apa yang mereka rasakan, terutama berkaitan dengan gangguan mental.

“Topik kesehatan mental di Indonesia menjadi hal yang serius untuk ditanggulangi. Inilah yang mendorong Dailybox dan Positive Vibes untuk berkolaborasi membuka ruang diskusi kesehatan mental dengan pakar ahli,” ujarnya. Ia pun berharap kolaborasi ini dapat mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan berdiskusi tentang gangguan psikologis di bawah supervisi para ahli, yaitu psikolog maupun psikiater.

Bersama Positive Vibes, Dailybox akan menghadirkan kemasan box eksklusif berisi kata-kata motivasi yang dapat dipindai secara langsung melalui QR code yang terletak di pinggir kemasan. Pelanggan juga dapat mengikuti tes kesehatan mental dan bagi mereka yang beruntung, akan mendapatkan konsultasi gratis dengan psikolog di acara #SelaluAdaRasadiSetiapKata.

“Caranya, cukup dengan membeli satu porsi Dailybox pada tanggal 1-11 November 2022 dan kamu akan mendapatkan voucher untuk mengikuti tes kesehatan mental secara cuma-cuma. Tiga orang beruntung akan dapat memenangkan konsultasi gratis dengan psikolog. Rice box kolaborasi Dailybox dan Positive Vibes dapat dibeli lewat pemesanan secara offline di gerai Dailybox dan secara online melalui GoFood, GrabFood dan ShopeeFood,” lanjut Helen.

Berdiri pada 2015, Positive Vibes memiliki misi untuk menciptakan lingkungan komunitas yang lebih positif di media sosial. Organisasi ini kerap memberikan edukasi dan menyuarakan tentang perilaku positif, termasuk dalam menyikapi kesejahteraan mental.

Hoshael Waluyo Erlan, psikolog & mental health expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes menyebut, berkat edukasi yang berkelanjutan dan banyaknya influencer yang menggaungkan, remaja zaman sekarang jadi lebih aktif mengulik dan menganalisa kesehatan mentalnya. “Sayangnya, inisiatif ini kadang berujung pada self-diagnosis. Masih ada rasa tabu untuk membicarakan gangguan mental yang dirasakan ke ahlinya. Padahal, diagnosa wajib ditegakkan oleh ahlinya karena sembarangan self-diagnosis dapat mencetuskan keputusan yang keliru,” ucap dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved