Technology Trends

Sharp Indonesia Bidik Pangsa Pasar Smartphone 5-10% Tahun Depan

Sharp Indonesia Bidik Pangsa Pasar Smartphone 5-10% Tahun Depan

PT Sharp Electronics Indonesia meluncurkan line-up terbaru dari Aquos, seri smartphone atau ponsel pintar yang membidik segmen menengah. Ponsel pintar yang dibanderol Rp 3-3,5 juta tersebut digadang-gadang akan mendongkrak performa penjualan perusahaan elektronik asal Jepang itu ke depan.

Aquos V6 5G IGA series ini diyakini Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, akan menjadi pilihan bagi pasar ponsel pintar kelas menengah karena menghadirkan beberapa keunggulan seperti resolusi kamera 50 megapixels dengan ukuran layar 6,6 inches dan dibenamkan teknologi 5G. “Produk baru ini merupakan jawaban Sharp terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia melalui inovasi terbaik kami,” ujarnya mengklaim (10/11/2022). Di penghujung tahun 2022, Sharp juga akan menghadirkan Aquos V6-5G IGA Series, dan dianggap mampu memberi warna baru bagi pasar smartphone Indonesia.

Andry Adi Utomo, National Sales General PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan potensi pasar ponsel pintar Indonesia sangat besar, juga bertumbuh pesat. Inilah yang menurut Andry menjadi alasan Sharp menggarap pasar ponsel pintar akan lebih serius ke depannya dengan menghadirkan SKU ponsel lebih banyak lagi. “Menghadirkan SKU smartphone lebih banyak menjadi upaya kami ke depan untuk mendorong penjualan Sharp Indonesia di temgah lesunya pasar elektronik,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini pangsa pasar Sharp Indonesia di ponsel pintar kurang dari 1%. Dengan kehadiran lebih banyak SKU ponsel pintar Sharp hingga akhir diyakini pangsa pasarnya akan meningkat menjadi 1%. Tahun depan dengan lebih banyak SKU dihadirkan Sharp Indonesia membidik pangsa pasar 5-10% dengan menghadirkan ponsel pintar mulai dari yang murah hingga flagship. Bahkan mereka sudah berencana meluncurkan ponsel pintar lipat yang sedang digemari pasar muda saat ini.

Saat ini penjualan ponsel pintar Sharp Indonesia mencapai 3000-an unit per bulan dengan seri sebelumnya yang kisaran harga produknya Rp 1-2 jutaan. Dengan kehadiran Aquos V6 5G IGA series ini diharapkan akan mencapai 5.000 unit per bulan dengan 6 SKU. Strategi terbaru sudah disiapkan Sharp Indonesia guna mencapai target tersebut.

Menghadirkan konsep Ninja salah satunya. “Desain Ninja melekat di smartphone ini, sehingga menjadi ciri khas membedakan dengan merek-merek lain. Ciri khas Jepang ini menjadi pembeda, karena masyarakat setia pada produk-produk dari Jepang karena keandalannya, kualitasnya,” terang Ardy, Head of Marketing PT Sharp Electronics Indonesia.

IGA diambil sebagai nama ponsel pintar ini karena identik dengan Jepang. IGA adalah sebuah kota di prefektur Mie, Jepang yang merupakan asal dari Ninja tokoh heroik Jepang yang memiliiki khas kekuatan berupa kecepatan. Ini menjadi penegasan, kualitas produk Jepang lebih bagus daripada produk pesaing (Korea atau China). “Itulah mengapa kami percaya diri menjual di segmen 3 jutaan akan mendorong penjualan, karena kepercayaan masyarakat pada produk Jepang tinggi,” katanya.

Strategi lainnya adalah membangun penjualan lebih baik dengan diler ponsel-ponsel. Maka itulah di hari peluncurannya hari ini Sharp Indonesia mengundang 25 diler dalam sebuah gathering khusus. “Selama ini dalam menjual produk pinael kami fokus di riteler dengan canvanser, kanal yang sudah kami miliki, baik online maupun offline. Saat ini kami memiliki 650 toko Sharp. Kami juga didukung point of service center 500 titik,” jelas dia.

Andry menjelaskan bahwa selama ini penjualan ponsel pintar Sharp sangat bagus di kota-kota besar Indonesia dan urban city. Maka dari itu ke depan kota-kota kecil menjadi fokus strategi penjualan Sharp Indonesia di produk ponsel pintarnya. Selain itu kanal penjualan daring juga akan dimaksimalkan, Aquos V6-5G IGA Series bisa dibeli di Sharp Mobile Official Store: Shopee, Tokopedia dan Blibli,Cocorolife.id.

Dalam hal strategi pemasaran, Ardy menjelaskan Sharp menggunakan akan strategi emotional dan experience buyer dengan Jepang dan Ninja menjadi tema utamanya. Selain itu Sharp Indonesia telah menyiapkan paket pembelian menarik bagi pembeli pertama. Seperti eksklusif souvenir, Sharp earbud HP-TW10, dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah berwisata ke Desa Ninja Iga, Jepang. Tidak hanya itu selama masa promo Sharp pun mengadakan program trade-in untuk semua merek smartphone dengan kondisi apapun plus garansi panel pecah selama 6 bulan.

Keunggulan produk menjadi kunci strategi Sharp memenangkan pasar ponsel pintar. Aquos V6-5G IGA Series memiliki kecepatan dalam beroperasi seperti layaknya seorang ninja, telah disematkan teknologi 5G yang mendukung pengguna dalam berselancar di internet, streaming, gaming,video call tanpa hambatan dengan 5G mode ganda dengan jaringan NSA untuk meningkatkan bandwidth data. Ponsel pintar ini juga memiliki Jjringan maksimum melalui output 2.69Gb/s dan dibekali dengan antena Omni 360°, sebuah antena yang dioptimalkan untuk membuat Anda terhubung dengan penerimaan sinyal 5G yang stabil setiap saat.

Aquos V6-5G IGA Series dibekali processor MediaTek 700, merupakan sebuah chip 5G pertama yang memiliki fitur konektivitas 5G yang dapat menghemat daya sebesar 28% dari generasi sebelumnya hingga mampu mendukung tampilan layar hingga 90Hz guna memastikan performa tampilan terlihat mulus. Selain itu processor ini juga dapat mendukung performa kamera hingga 64 megapixels.

Kamera menjadi alasan pembeli ponsel pintar saat ini sangat disadari Sharp, maka itu Aquos V6-5G IGA Series dibenamkan 50MP AI Triple Camera. Dengan kapasitas baterai 5000mAh, smartphone AQUOS V6-5G IGA Series mampu beroperasi lebih lama namun pengisian batre sangat cepat dukungan teknologi PD 15 W. Luas Layar sebesar 6,6 inch juga menjadi andalan Sharp yang juga dibekali resolusi HD 1612 X 720 hingga menghasilan kecerahan dan ketajaman warna yang sempurna. Memiliki RAM 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GBsmartphone Aquos V6-5G IGA Series pun memiliki slot penyimpantan Micro SD sampai dengan 1 TB.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved