Trends

Danone SN Edukasi Orangtua akan Pentingnya Nutrisi pada Anak Prematur

Danone SN Edukasi Orangtua akan Pentingnya Nutrisi pada Anak Prematur

Dalam rangka World Prematurity Day (WPD) atau Hari Prematur Sedunia pada bulan November ini, Danone Specialized Nutrition(SN) Indonesia mengedukasi orangtua melalui diskusi dengan topik ‘Peran Orang Tua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi’ dengan narasumber psikolog dan dokter spesialis anak.

Edukasi ini dilakukan melihat data World Health Organization (WHO) yang menyebutkan 1 dari 10 anak lahir prematur. Setiap tahunnya di seluruh dunia diperkirakan ada sebanyak 15 juta anak di seluruh dunia yang lahir prematur. Adapun kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi kurang dari 37 minggu.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia mengingatkan betapa pentingnya peran orangtua dalam intervensi nutrisi sejak dini pada anak lahir prematur untuk mengejar ketertinggalannya.

“Adalah hak anak Indonesia untuk tumbuh berprestasidan menjadi generasi maju, tidak terkecuali anak lahir prematur. Dan orangtua memiliki peran penting untukmengontrol asupan nutrisi anak lahir prematur sejak dinisehingga kebiasaan makan bergizi seimbang akanmembuat anak lahir prematur tumbuh optimal,” ucapnya.

Adapun edukasi Bicara Gizi ini adalah bentuk dukunhan aktif Danone Indonesia dalam membentuk generasi Indonesia yang berkualitas dan tumbuh menjadi generasi maju. Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga yang menjadi narasumber dalam diskusi tersebut mengatakan, agar orang tua yang anaknya lahir prematur tidak perlu khawatir.

Dia menjelaskan mengutip Journal of America Medical Associaton atau JAMA, hampir semua anak prematur di semua kategori (moderate to late preterm, very preterm dan extremely preterm) dapat masuk sekolah tepat waktu, sama dengan anak normal lainnya, baik TK, sekolah dasar, maupun menengah. Bahkan tak sedikitdari mereka yang memiliki bakat luar biasa yang tak disangka-sangka.

“Anak prematur adalah anak yang istimewa, mereka bisa tumbuh kembang optimal dan berprestasi,” tuturnya. Ia kemudian menyebutkan serangkaian keistimewaan anak lahir prematur berdasarkan beberapa penelitian. Anak prematur dapat menjalani kehidupan yang sehat dan Tangguh denganfungsi keseluruhan yang baik. Bahkan kebutuhan skin to skin contact yang tinggi akan memaksimalkan perkembangan otak anak.

“Dan respons otak yang lebih kuat terhadap sentuhan lembut, ini karena anak prematur melalui kontak fisik yang lebih banyak denganorangtua atau pengasuh di rumah sakit selama perawatan. Ini dipaparkan dalam Journal Lancet Neurology,” terangnya.

Hal tersebut semakin menegaskan bahwa yang memengaruhi tumbuh kembang anak selain genetika adalah lingkungan. Faktor lingkungan selain gizi , stimulasi dan kualitas pengasuhan. Dari faktor stimulasi, Irma menjelaskan ketika orangtua melakukan stimulasi maka akan merangsang otak untuk membentuk sinaps baru antarsel-sel otak. Semakin sering dirangsang maka akan semakin kuat sinaps antar sel-sel otak. Ini mengapa kunci dari stimulasi kognitif adalah belajar melalui pengalaman atau experiental learning.

“Suatu model proses belajar yang mengaktifkan pembelajaran untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung,” kata Irma. Dia juga menyebutkan pengalaman adalah katalisator untuk membuat pembelajaran berkembang menjadi kapasitas kemampuan. “Artinya anak-anak harus diberikan peluang untuk mengeksplorasi agar dapat menxoba hal baru sehingga banyak neuron di otaknya tersambung secara kuat dan kompleks. Maka dari sinilah tumbuh kembang anak prematur secara kognitif terjadi,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved