Technology Trends

Peluang Akselerasi Bisnis Hingga Pendanaan bagi Startup

Peluang Akselerasi Bisnis Hingga Pendanaan bagi Startup
Nexspace “Art of Scaling” 24-27 November 2022

Acara tahunan Festival kreatif IdeaFest 11th Space dalam program Nexspace akan digelar dari tanggal 24 hingga 27 November 2022 di Jakarta Convention Center. Festival tersebut bertajuk Art of Scalling guna mengeksplorasi kesempatan mentoring dari para ahli industri hingga mendapatkan suntikan dana dari investor.

Beberapa mentor dari industri expert yang akan berpartisipasi dalam program ini di antaranya – Ivan Tandyo (CEO Navanti Holdings), Leonard Theosabrata (Direktur SMESCO), Yose Rizal (Komisaris Telkomsel), Fandy Cendrajaya (Mitra Kopital Network), Chelsea Hartanto (investor Alpha JWC), dan masih banyak lagi.

Menurut Indra Pramana, Direktur Navanti Holdings, perkembangan teknologi digital dan industri kreatif yang pesat di Indonesia menjadi pemicu menjamurnya perusahaan startup baru dengan latar belakang inovasi-inovasi menarik. Selama empat hari, Navanti akan membekali para pelaku startup dengan kurikulum 11th Space yang dapat membantu mereka dalam mengakselerasi bisnis nya, mulai dari tahap penyempurnaan hingga pendanaan. Selain itu, para partisipan berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan dari para ahli industri yang beragam, seperti venture capital, F&B, teknologi, finansial, dan sebagainya.

Sejak dibuka pendaftarannya bulan Oktober lalu, sudah lebih dari 100 startup telah melakukan registrasi hingga saat ini. Para pendaftar kemudian akan diseleksi menjadi 35 startup untuk berlanjut ke program tersebut.

Sementara, menurut Wanyi Pratiknyo, Managing Director 11th Space senang melihat antusiasme pelaku bisnis muda di Indonesia terhadap program tersebut. Ini membuktikan kalau industri startup terus hangat dan haus akan pengetahuan.” Saat ini, kami sedang melakukan tahap seleksi untuk menemukan 35 startup yang berkesempatan mengikuti program eksklusif Nexspace,” tuturnya.

Setelah melewati sesi mentoring dan pembelajaran pada program ini, lima startup founders terpilih akan melanjutkan tahapan akhir yaitu Demo Day pada 27 November 2022 untuk melakukan presentasi di hadapan para juri, investor dan penonton di IdeaFest. Kesempatan ini juga menjadi momen emas bagi partisipan untuk mendapatkan pendanaan tahap awal yang menentukan perjalanan startup mereka.

Salah satu anak usaha Telkomsel yang berfokus pada inovasi dan solusi digital juga turut memberi dukungan. “Indico membawa semangat untuk mendorong pertumbuhan bisnis kreator lokal di Indonesia. Kami berupaya membuka lebih banyak peluang dan kesempatan dalam berkolaborasi dengna berbagai pemangku kepentingan guna bersama-sama mengembangkan ekosistem digital yang akan mengakselerasi pertumbuhan digital Indonesia,” jelas Andi Kristianto, CEO Indico.

Dukungan lain juga didapatkan dari Desy Bachir, CMO Samara Media & Entertainment. “Kami percaya bahwa program ini tidak sekedar memperluas pengetahuan para pebisnis muda yang semakin inovatif, tapi juga menciptakan ruang kolaborasi yang lebih luas dan dinamis antara para founders, 11th Space, dan IdeaFest khususnya. Interaksi langsung antara startupfounder dengan para mentor, dan penjurian langsung oleh para investor, dapat mendukung para startup muda untuk semakin melesat dan memberikan mereka koneksi yang luas secara lokal, bahkan global,” ungkapnya.

Acara ini telah digelar selama sebelas tahun, IdeaFest selalu memberikan ruang gerak, berpikir dan pertemuan bagi pelaku bisnis untuk berdiskusi ide besar, inovatif dan kreatif lewat program-program uniknya. Tahun ini, IdeaFest juga tidak lewat untuk menawarkan program dan topik yang kerap menjadi pembicaraan seperti tren NFT, kesenian, sustainability, kuliner, dan juga hiburan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved