Trends

Apresiasi untuk Pemimpin Perusahaan Berkinerja Terbaik

Apresiasi untuk Pemimpin Perusahaan Berkinerja Terbaik

Aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang selama pandemi Covid-19. Di tahun pertama pandemi, terjadi perubahan dan penurunan permintaan barang, mengakibatkan sejumlah bisnis mengalami penurunan penjualan yang berimbas pada penurunan kinerja keuangan.

Kendati pandemi masih naik dan turun, tetapi situasi kembali mulai membaik di mana aktivitas dan konsumsi masyarakat terlihat meningkat. Masyarakat dituntut untuk mengubah kebiasaannya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan dan aktivitas sehari-hari yang harus terus berjalan.

Perubahan habit dan adaptasi juga dilakukan oleh pelaku bisnis dan perusahaan. Di tahun pertama pandemi, masih banyak perusahaan yang melakukan wait and see terhadap situasi yang terjadi. Namun di tahun kedua, perusahaan telah kembali aktif meskipun dengan berbagai kebijakan dan aturan.

Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id mengungkapkan, kondisi tersebut dapat dilihat dari kinerja perusahaan di mana telah banyak yang melaporkan kinerja positif, baik itu dari sisi pendapatan, laba, bahkan dividen bagi perusahaan emiten dan non emiten. Bangkitnya aktivitas bisnis pasca pandemi tentu saja tidak luput dari strategi dan kebijakan yang diambil oleh pucuk pimpinan.

Turut serta berperan dalam kebangkitan pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia, Infobrand.id bekerja sama dengan Tras N Co Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand & perusahaan di Indonesia, menggelar Top Executive Award 2022.

Ajang ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Direktur/Direktur Utama terbaik dari perusahaan emiten dan non emiten yang telah berhasil memimpin dan mengelola perusahaan dalam meningkatkan awareness, revenue, profit dan dividen perusahaan.

”Kami meyakini, top executive atau pemimpin perusahaan memiliki peran sangat strategis dalam menentukan arah kebijakan perusahaan. Setiap keputusan dan kebijakan yang dihasilkannya, akan secara langsung berdampak terhadap kinerja perusahaan, kinerja keuangan dan terpenting adalah keuntungan sebuah perusahaan,” ujar Susilowati.

Terkait perkembangan bisnis dan ekonomi di Indonesia, CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo menyebut, secara umum Indonesia telah berhasil keluar dari tekanan situasi pandemi. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan bisnis dan perusahaan yang mayoritas menunjukkan kinerja positif.

Ia pun mengakui tahun 2020 merupakan tahun tersulit dan 2021 sebagai tahun pemulihan. Namun di tahun 2022 ini menjadi tahun yang menggembirakan. ”Berdasarkan data-data riset yang kami dapatkan, data pertumbuhannya menggembirakan dan tren-nya juga positif. Harapannya di tahun 2023 ekonomi akan pulih dan bertumbuh. Presiden Direktur/Direktur Utama perusahaan, memiliki peran sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut,” ungkap Tri.

Lebih lanjut Susi menjelaskan, tujuan dari penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada pemimpin perusahaan dengan kinerja terbaik dalam memimpin dan mengelola perusahaan sehingga mampu menciptakan revenue, profit dan image positif perusahaan.

Ajang ini juga menjadi bukti keberhasilan pemimpin perusahaan membawa kinerja secara positif hingga memiliki performa perusahaan yang baik, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik/masyarakat terhadap perusahaan dan memacu pemimpin perusahaan-perusahaan lainnya bekerja lebih baik.

Penilaian untuk perusahaan emiten berdasarkan tiga parameter penilaian, yaitu: Revenue & Revenue Growth Aspect, Nett Profit & Profit Growth Aspect dan Dividen Aspect. Sementara riset Top Executive Award 2022 untuk perusahaan non-emiten berdasarkan Digital Corporate Brand Awareness Aspect, Revenue & Revenue Growth Aspect, dan Nett Profit & Profit Growth Aspect.

Adapun peraih predikat Great Leader of The Year dalam Top Executive Award 2022 antara lain Suwito Mawarwati, Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk; Irianto Santoso President Director PT Dharma Polimetal Tbk; Theodorus Ardi Hartoko Direktur Utama PT Dayamitra Telekomunikasi; Andreas S. Soedjijanto Direktur Utama PT Indolife Pensiontama, dan Darmawan Prasodjo Direktur Utama PT PLN dengan predikat Excellent Leader of The Year.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved