CSR Corner

Konsistensi MMS Group Indonesia Jalankan Prinsip ESG Diapresiasi Ini

Konsistensi MMS Group Indonesia Jalankan Prinsip ESG Diapresiasi Ini
MMS Group Indonesia akan terus memprioritaskan implementasi ESG dalam budaya, manajemen, pengaturan operasional perusahaan serta strategi pengembangan bisnis (Foto: dok MMS Group)

MMS Group Indonesia menjalankan prinsip untuk mendiversifikasi dan melaksanakan bisnis dengan orientasi berkelanjutan melalui penerapan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). Atas komitmen itu, perseroan diganjar kategori ‘Outstanding Strategy for Sustainability and Business Diversification’.

Sendy Greti, CEO MMS Group Indonesia yang menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta (12/12/2022), menuturkan, “ Ini adalah momen indah bagi saya dan seluruh tim. Ke depannya MMS Group Indonesia akan terus memprioritaskan implementasi ESG dalam budaya, manajemen, pengaturan operasional perusahaan serta strategi pengembangan bisnis.”

Selama ini, MMSGI melakukan diversifikasi yang fokus pada dua lini bisnis utama, yakni industri berkelanjutan lewat MMS Solution dan pengembangan properti lewat MMS Land. Sementara lini bisnis utama MMSGI saat ini yaitu pertambangan dan perdagangan batubara melalui MMS Resources.

Lewat MMS Solution, perusahaan saat ini memiliki PLTS dengan kapasitas 1,3 MW yang digunakan untuk mengalirkan listrik demi memenuhi kebutuhan operasional Pelabuhan Loa Kulu Coal Terminal (LKCT) dan kegiatan operasional kantor PT Multi Harapan Utama (anak usaha MMSGI).

Perusahaan ini juga memiliki visi jangka menengah untuk membangun PLTS dengan kapasitas 20 MW demi mendukung operasional smelter nikel dan dalam jangka Panjang perusahaan menargetkan kapasitas pembangkit dapat bertambah hingga 100 MW.

Sedangkan lewat MMS Solution perusahaan membangun peternakan sapi dan perkebunan jagung terintegrasi yang menerapkan teknologi precision farming untuk mendukung ketahanan dan swasembada pangan nasional, khususnya di wilayah Kalimantan.

Perusahaan juga tengah mengembangkan fasilitas pemurnian nikel kelas satu berteknologi Rotary Kiln-Electric Furnace (RKEF), yang akan memproduksi nickel matte guna mendukung pengembangan industri baterai nasional.

Selanjutnya lewat MMS Land, perusahaan tidak hanya mengembangkan bidang usaha properti melainkan juga ikut masuk ke bisnis pusat data hijau dan mengedepankan kaidah pembangunan berkelanjutan. Contohnya seperti Green Data Center milik Mitra Informatika Gemilang (MIG), anak perusahaan MMSGI yang telah bekerja sama dengan PLN untuk Renewable Energy Certificate (REC). Selain itu data center MIG juga menggunakan teknologi waterless-cooling system untuk menghemat konsumsi air.

Upaya MMSGI dalam mendiversifikasi usaha menuju bisnis dengan paparan karbon yang lebih kecil mungkin masih jauh dari kata sempurna, akan tetapi ini merupakan langkah besar yang patut diapresiasi dari perusahaan yang awalnya didirikan untuk melakukan perdagangan batu bara tahun 2005 silam.

CNBC Indonesia Awards 2022 adalah bentuk apresiasi bagi korporasi, badan usaha, dan individu yang terus aktif bertransformasi dan berinovasi membantu pemulihan ekonomi serta resiliensi menghadapi berbagai tantangan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved