Business Update

Liburan Aman Nyaman, Anti Bosan Bersama Kereta Api

Oleh Editor
Liburan Aman Nyaman, Anti Bosan Bersama Kereta Api

Kereta api masih menjadi salah satu transportasi yang paling diminati masyarakat. Tak heran, moda angkutan ini banyak dipilih konsumen yang ingin melakukan perjalanan. Lebih-lebih lagi, sarana kereta api jterus mengalami berbagai peningkatan dan inovasi, bersih, nyaman, dan jadwal tepat waktu dengan harga yg kompetitif.

Jadi udah paling pas nih untuk kamu yang ingin memanfaatkan liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menggunakan kereta api. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar perjalanan liburanmu semakin menyenangkan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Apa saja? Berikut tipsnya.

1. Rencanakan perjalananmu

Kamu harus rencanakan perjalananmu dengan cermat, salah satunya terkait tiket perjalanan. Usahakan pesan tiket lebih awal karena dapat mengurangi kemungkinan kehabisan tiket. Selain itu, agenda perjalananmu jadi lebih tersusun rapi. Lebih praktis lagi kalau kamu pesan tiketnya pakai KAI Access karena punya banyak fitur yang melimpah di dalamnya. Kamu bisa pesan tiket dengan memilih jenis kereta seperti ekonomi, bisnis, ekskutif, luxury, hingga panoramic. Kamu juga bisa pilih tempat duduk sesuai kebutuhan, melakukan pembayaran, memesan makanan, serta memesan transportasi dari dan menuju stasiun. Pastikan saat memesan tiket, data yg di-input udah benar seperti: identitas diri, tanggal dan tujuan keberangkatan, serta nama dan kelas kereta.

2. Persiapkan syarat perjalanan dengan baik

Buat kamu pelanggan kereta api jarak jauh maupun lokal/aglomerasi perlu memperhatikan beberapa syarat naik kereta terbaru sesuai SE Kemenhub No 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022. Kamu juga diwajibkan dalam kondisi sehat dan selalu menggunakan masker selama di stasiun ataupun saat perjalanan menggunakan kereta api.

KAI juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang memadai, pengukuran suhu tubuh, pembagian masker gratis, serta melaksanakan vaksinasi di stasiun-stasiun dan klinik kesehatan kerja sama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik kereta serta layanan vaksinasi di stasiun, kamu dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

3. Datang lebih awal ke stasiun

Jangan sekali-kali untuk datang terlambat kalau kamu tidak mau tertinggal kereta. Sambil menunggu keberangkatan kereta, kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di stasiun seperti masjid/musala, toilet bersih, ruang laktasi bagi ibu menyusui, layanan kesehatan, dan masih banyak lagi. Untuk pelanggan kereta api kelas luxury, kamu bisa menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun. Jadi sambil nunggu kereta kalian bisa ngeteh atau ngopi di sini secara gratis.

4. Perhatikan barang bawaan

kamu perlu memperhatikan barang yang akan dibawa. KAI telah memberlakukan aturan tentang volume barang bawaanmu yang boleh dibawa masuk ke dalam kereta api. saat di dalam kereta, Letakan barang bawaan di tempat yang telah disediakan agar tidak menganggu pelanggan lain dan untuk kenyamanan bersama.

KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan membawa perlengkapan yang dapat menarik perhatian orang banyak sehingga mengundang kemungkinan untuk berbuat kejahatan. Apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan barang bawaan, kamu bisa hubungi petugas lost and found yang ada di stasiun maupun kondektur yang sedang berdinas di dalam kereta api atau bisa juga melalui contact center KAI 121.

5. Nikmati layanan yang ada

Agar perjalananmu tetap asyik, lakukan aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan untuk usir rasa bosan. Nah buat kamu yang hobi main game, kamu bisa cobain booth game zone yang tersedia di beberapa stasiun seperti Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng selama masa liburan Nataru 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023. Jadi sambil nunggu jadwal keberangkatan kereta bisa main game dulu nih.

Selain itu, saat di kereta kamu juga bisa menikmati layanan wifi gratis di beberapa kereta. Kemudian ada fitur baru di KAI Access yaitu menu Entertainment on Board (EoB) yang berisi banyak hiburan seru. EoB dapat diakses melalui jaringan wifi khusus selama dalam perjalanan. Saat ini layanan EoB dapat dinikmati pada perjalanan kereta api Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta (pulang pergi).

Tak cukup sampai di situ, KAI juga menyediakan board game pada perjalanan KA Taksaka Hype Trip seperti flash card, jenga block, Uno, dan ular tangga dijamin anti mati gaya. Kamu juga bisa mengambil trip pagi, siang, atau sore agar dapat menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan.

“KAI menghadirkan berbagai inovasi layanan untuk kenyamanan pelanggannya baik di stasiun maupun di dalam kereta api. Harapannya dapat memberikan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan dan membuat perjalanan menjadi lebih berkesan selama liburan bersama KAI. Tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Selain untuk keselamatan dan kesehatan diri, juga untuk orang-orang sekitar agar tetap merasa aman dan nyaman selama di perjalanan,” tutup VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Nah asik banget kan liburan naik kereta api? Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba agar aman dan nyaman saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Pastikan kamu juga mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di manapun kamu berada.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved