Marketing Trends

Customer Experience BPJS Kesehatan dalam Kajian S1 Branding Prasetiya Mulya

Kampus Prasetiya Mulya BSD menyelenggarakan pameran tentang Riset Perjalanan Konsumen untuk BPJS Kesehatan (Foto: Ist)

Industri kesehatan dan kaitannya dengan teknologi akan menjadi sumber pertumbuhan yang luar biasa besar di Indonesia di masa mendatang. Untuk itu, adanya perhatian dan kajian dalam aspek branding adalah sebuah kunci agar industri bisa bertumbuh secara berkelanjutan.

Merespons kebutuhan itu, Kampus Prasetiya Mulya BSD menyelenggarakan pameran tentang Riset Perjalanan Konsumen untuk BPJS Kesehatan. Hal ini dimaksudkan untuk mengomunikasikan langsung temuan dan gagasan yang mereka dapatkan dalam riset dalam mengembangkan layanan dan inovasi BPJS Kesehatan.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Somia Customer Experience sebagai Service Design Consultant untuk bisa mengasah kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mendesain perjalanan konsumen dengan baik.

“Aktivitas tersebut merupakan rangkaian proses belajar ilmu dalam Prodi S1 Branding Prasetiya Mulya dalam mata kuliah Consumer Journey, dengan format Project Based Learning. Mahasiswa secara langsung ditantang untuk menyelesaikan kasus dari BPJS Kesehatan, sehingga mahasiswa dapat belajar jauh lebih komprehensif karena mereka ditantang untuk keluar dari zona nyamannya agar bisa bertumbuh secara berkelanjutan, “ucap Handyanto Widjojo selaku Direktur Program Sekolah Bisnis dan Ekonomi dari Universitas Prasetiya Mulya.

“Adalah hal yang bagus ketika kami mendapatkan masukan dari instansi pendidikan khususnya mahasiswa yang memiliki ilmu dan gagasan yang fresh untuk dapat membantu kami meningkatkan inovasi dan layanan dari BPJS,” jelas Hastungkoro, Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Tangerang.

Dengan format exhibition, mahasiswa secara langsung mempresentasikan riset, temuan, gagasan, dan purwarupanya dalam memecahkan kasus dari BPJS Kesehatan kepada para dewan juri. Mahasiswa dilatih untuk secara singkat dapat menjelaskan bahkan meyakinkan dewan juri untuk mengadopsi solusi yang mereka tawarkan. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk melakukan analisis secara mendalam tentang perjalanan konsumen untuk mengetahui potensi pengembangan pengalaman yang sangat relevan untuk dilakukan hari ini.

Exhibition ini menghadirkan inspirasi, semangat, dan gagasan baru yang menonjol untuk para dewan juri, panitia pelaksana, dan dosen karena dalam waktu yang sangat singkat mereka mendapatkan ide yang bagus. Hal ini memvalidasi bahwa proses pembelajaran yang mengombinasikan interaksi antara dunia akademik dan industri sangat efektif untuk memproduksi pengetahuan sekaligus menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan industri ke depannya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved