Technology Trends

Quipper Sediakan Materi Tes SNBT Terbaru

Mulai tahun ini seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 menggunakan pola tes berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Quipper sebagai perusahaan teknologi pendidikan, menjawab kebutuhan peserta lewat Materi Intensif UTBK 2023.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim telah mengubah skema dan regulasi seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) 2023.

Salah satu poin penting terkait perubahan seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN 2023 adalah perubahan pada materi ujian SNBT 2023 yang tersusun atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi dengan total tujuh subtes, di antaranya Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Tubagus Septian, Content Associate Manager Quipper Indonesia, mengungkapkan Quipper telah menyediakan sejumlah materi terbaru untuk mempersiapkan siswa menghadapi SNBT UTBK 2023.

Materi Intensif UTBK 2023 mencakup 7 materi sub tes SNBT terbaru, video pembahasan, catatan belajar yang komprehensif, dan latihan soal berbasis penalaran, literasi dan numerasi. Dengan penyesuaian dan tambahan materi ini, Quipper ingin memudahkan persiapan siswa dalam menghadapi SNBT agar lebih maksimal dan terarah.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Tambun Selatan, Bekasi Dr. Guntur Daryono, M.Pd., membenarkan jika perubahan skema Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menjadi tantangan di sekolahnya. Namun, dengan strategi adaptif, dia yakin siswanya dapat mengikuti proses seleksi dengan baik.

“Sejak awal sekolah kami memberikan sosialisasi secara masif terhadap siswa dan orang tua terkait perubahan SNPMB. Selain itu, untuk mempersiapkan siswa mengahdapi ujian SNBT di tengah kebimbangan perubahan skema SNPMB dan tantangan learning loss, kami menambah sumber materi dari eksternal salah satunya lewat Quipper. Dengan konten tambahan, perbanyak latihan soal, dan pendalaman materi yang sesuai dengan yang diujikan, kami harap bisa memupuk kepercayaan siswa dalam menghadapi tes SNBT nanti,” ungkap Guntur.

Perubahan skema seleksi masuk PTN tahun ini memang menjadi tantangan besar bagi warga pendidikan. Dengan waktu tersisa yang relatif singkat, perlu strategi yang adaptif untuk mengejar kesiapan siswa. Septian meyampaikan jika Quipper tidak hanya fokus memberikan materi saja bagi siswa dan guru, melainkan fokus dengan perjalanan pembelajaran UTBK SNBT dengan konten dan fitur dari Quipper.

“Melalui materi dan fitur Quipper yang telah disesuaikan dengan skema baru SNPMB 2023, kami ingin mendukung perjalanan pembelajaran UTBK SNBT dengan mengasah kecakapan berpikir kritis siswa sekaligus membantu pihak sekolah yang membersamai siswanya, membuat profil belajar siswa yang akurat, sehingga siswa dapat lebih percaya diri menyambut SNPMB,” ujar Septian.

Quipper sebagai aplikasi belajar mendukung siswa menghadapi UTBK SNBT 2023 dengan mengasah kecakapan berpikir kritis siswa melalui tes diagnostik UTBK, modul persiapan UTBK, online tryout, cek peluang UTBK, dan materi intensif UTBK SNBT yang sudah tersedia di aplikasi dan website Quipper.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Copyright @2023. SWA Online Magazine

All Right Reserved