Trends

Kadin Gandeng Visa Perkuat Literasi Keuangan UMKM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Visa menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan keterampilan dan literasi keuangan bagi UMKM di Indonesia dengan menggunakan modul Practical Money Skills.

Modul tersebut merupakan panduan edukasi keterampilan dan literasi keuangan dari Visa yang akan didistribusikan kepada berbagai UMKM di bawah binaan Kadin Indonesia. Visa juga akan terlibat dalam berbagai program keterampilan keuangan digital yang akan dilaksanakan oleh Kadin Indonesia beserta mitra lainnya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, salah satu kunci untuk membantu UMKM berkembang dan naik kelas yaitu dengan meningkatkan inklusi keuangan digital. Dengan memiliki kemampuan penyerapan tenaga kerja yang besar, yaitu 97% dan mendominasi 99% struktur usaha Indonesia, menurutnya UMKM memiliki peran penting dalam katalisator perekonomian Indonesia.

“Namun, UMKM Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam akses dan literasi keuangan. Di sisi lain, keterampilan digital UMKM masih tergolong rendah sehingga menghambat skalabilitas dan integrasi dengan pasar ekspor dan global value chain. Diharapkan, kolaborasi ini dapat memeratakan inklusi keuangan dan meningkatkan keterampilan digital terutama bagi UMKM,” ujar Arsjad.

Terlebih, Pemerintah saat ini menargetkan 30 juta UMKM onboard digital, atau masuk ke platform digital pada 2024. Namun, Asosiasi E-commerce Indonesia (Indonesian E-Commerce Association/idEA) mencatat bahwa saat ini baru sekitar 19 juta UMKM di bawah naungannya yang sudah berjualan di platform digital.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menambahkan bahwa pihaknya akan terus membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, terutama para pelaku UMKM sebagai salah satu penopang ekonomi di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved