Automotive

Hino Berikhtiar Memperkokoh Pangsa Pasar dan Tingkatkan Pelayanan Konsumen

Hino500 Series FM340TH ABS adalah salah satu varian dari 6 model Hino500 Series Ultimate Safety. Hino meluncurkan truk Hino500 Series di Jakarta pada 18 Januari 2023. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) pada 2023 ini berencana membuka depot suku cadang sebanyak 2 unit dan meningkatkan pelayanan konsumen di bengkel Hino selama 24 jam dalam sepekan seiring dengan ikhtiar perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik (service excellence) kepada konsumen. Agen pemegang merek (APM) Hino ini juga menjajaki penyediaan fasilitas pelatihan supir di depot-depot HMSI. Rencana ini berbasis dari evaluasi Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) Batch 2. Selain itu, Hino meluncurkan truk Hino500 Series demi memperkokoh pangsa pasar kendaraan niaga.

HTSDC adalah serangkaian ikhtiar HMSI guna meningkatkan pelayanan konsumen dan mengedukasi pengguna terhadap keselamatan kendaraan. Ahmad Wildan, Senior Investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), mengapresiasi program berkesinambungan HMSI yang memberikan pelayanan purna jual dengan mengedukasi konsumen mengenai keselamatan berkendara. “Kami mengamati upaya APM kendaraan niaga, termasuk Hino, yang rajin mengedukasi pengguna kendaraan niaga tentang safety driving. Program inimenciptakan ekosistem kolaboratif antara pemerintah dan perusahaan otomotif untuk meningkatkan awareness ini,” ujar Ahmad saat dihubungi SWA Online di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Dia mencontohkan program safety driving yang berkelanjutan dilakukan HMSI seiring dengan rencana pelaksanaan program Master Driving yang akan digelar pada 17 Februari 2023 di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, Jawa Barat. HTSCC ini dikelola HMSI yang menyodorkan berbagai fasilitas dan pelatihan, antara lain blind spot test area, inspection bay, stop & go, dan simulator yang kurikulumnya berbasis BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). “Pelatihan kepada pengemudi kendaraan niaga merupakan upaya memitigasi risiko seperti yang dilakukan Hino di fasilitas HTSCC itu,” tutur Ahmad.

HMSI menyodorkan aneka ragam kendaraan yang membidik perusahaan perkebunan, pertambangan, logistik, hingga transportasi. HMSI, yang berdiri sejak 1982, menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan di berbagai sektor lantaran kendaraan niaga Hino digunakan untuk menyokong pembangunan di berbagai sektor. Misalnya, pembuatan irigasi, bendungan, jembatan, bandara, hingga pembangunan jalan lintas Sumatera, Tol Trans Jawa, jalan lintas Sulawesi, hingga jalan Trans Papua.

Berbagai varian kendaraan niaga disodorkan Hino selama 40 tahun beroperasi di Indonesia. Tujuannya untuk mengakselerasi laju bisnis para pengusaha perkebunan, pertambangan, logistik, distribusi dan transportasi lainnya.

Untuk itu, perusahaan ini berencana memperluas jangkauan pelayanan konsumen. HMSI pada April 2023 akan membuka depot suku cadang di Ternate, Halmahera dan Palembang, Sumatera Selatan di Juli tahun ini. “Kami mengantisipasi momentum tren pertumbuhan barang komoditas, seperti nikel. Untuk itu, kami akan membuka depot di Halmahera yang berdekatan dengan lokasi pertambangan nikel di Halmahera atau Sulawesi serta membuka depot di Palembang untuk menyokong pembangunan infrastruktur, semisal pembangunan jalan tol di kawasan Sumatera,” ujar Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer HMSI di sela-sela peluncuran truk Hino500 Series di Jakarta pada 18 Januari 2023.

Nantinya, ketersediaan depot suku cadang di kedua lokasi itu diharapkan memangkas biaya logistik dan meningkatkan efisiensi distribusi suku cadang kendaraan niaga Hino. Anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) merancang durasi pengiriman suku cadang lebih cepat seiring dengan diperluas jangkauan depot suku cadang.

Manajemen Hino menjabarkan penjualan truk Dutro di Jakarta, 18 Januari 2023. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

Santiko menjabarkan rencana HMSI di 2023 yang terkait layanan purna jual itu adalah menyediakan pelayanan selama selama 7 hari kerja di bengkel atau dealer Hino yang berlokasi di kawasan Sumatera hingga Jawa. Kawasan ini, menurut Santiko, menunjukkan pertumbuhan transportasi

Rencana ini dibarengi dengan program edukasi konsumen untuk memitigasi risiko berkendaraan dan menambah ketrampilan pengemudi terhadap teknologi dan fitur-fitur yang tersemat di truk dan bus Hino. Tri Haryanto, Deputy General Manager Business Reform Telematic Division HMSI, mengatakan dampak HTSDC Batch 2 itu antara lain meningkatkan Safety Index Operational yang naik sebesar 37%.

HTSDC Batch 2 dibuka saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang diikuti oleh 5.204 unit kendaraan yang terbagi dalam 7 kategori. Jumlah peserta mencapai 5.000 dan Hino menyabet penghargaan dari Museum Rekor -Dunia Indonesia (MURI) sebagai Kompetisi Keselamatan Berkendara Melalui Aplikasi Telematic Safety Driving Terbanyak.

Si Luh Ketut Alit Suryaniti, Manager PT Sentana Giri Nusa (Juara ke-3 Segmen 6×2 HTSDC Batch 2), menyampaikan harapannya agar aplikasi telematic safety driving dikembangkan di masa mendatang. Kemudian, manajemen PT Ghiffari Jaya Abadi (Juara Ke-2 Segmen Tractor Head HTSDC Batch 2) menyampaikan ajang ini memotivasi pengemudi untuk menggunakan kendaraan yang baik. Perusahaan yang berbasis di Pontianak Kalimantan Barat ini bisa memantau habit driver dalam mengemudikan kendaraan Hino.

Tingginya minat peserta dan dampak positif HTSDC itu memacu HMSI untuk menggelar kegiatan sejenis di Maret tahun ini. “Kami akan lanjutkan HTSDC Batch 3 di Maret tahun ini serta menambahkan fitur edukasi yaitu mengenai fuel consumption,” ujar Tri. KNKT, seperti disampaikan Ahmad, mengapresiasi HMSI yang berkesinambungan untuk mengedukasi konsumen untuk meningkatkan keahliannya menguasai teknologi dan fitur di kendaraan Hino.

Bidik Penjualan

HMSI mengintegrasikan program edukasi konsumen dan penjualan. Pada tahun ini, manajemen mengincar penjualan truk dan bus Hino sebanyak sebanyak 38.500 unit. Angka ini diproyeksikan tumbuh sebesar 28,84% dari penjualan di 2022 sebanyak 29.880 unit.

Santiko menjelaskan pandemi Covid-19 memberikan tantangan untuk penjualan truk dan bus yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi. Daya beli konsumen juga sempat mengalami penurunan. Mobilitas masyarakat yang berangsur-angsur meningkat, insentif fiskal untuk industri otomotif, dan program vaksinasi nasional merupakan sejumlah elemen yang mendongkrak industri otomotif, termasuk kendaraan niaga.

Alhasil, HMSI pada 2022 menguasai pangsa pasar di segmen truk dan selama 23 tahun mendominasi pasar truk nasional. “ Kami cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader atau penguasa medium duty truck selama 23 tahun terakhir dengan market share 59%,” ucap Santiko.

HMSI merincikan target penjualan di tahun ini dikontribusikan Dutro sebanyak 17.100 unit dan Ranger 21.400 unit. Target penjualan Dutro di tahun ini diestimasikan menguasai pangsa pasar sebesar 23% di segmen light duty truck. Kemudian, pangsa pasar Ranger dipatok mencapai 65% di segmen medium duty truck.

Guna memperkuat pangsa pasar kendaraan niaga di tahun ini, HMSI pada 18 Januari 2023 meluncurkan Hino500 Series Ultimate Safety Model. HMSI memasarkan 6 model Hino500 Series (FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS) yang bisa dipesan konsumen pada Januari 2023.

Truk pengangkut limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) ini menyematkan beberapa fitur keselamatan dan semua varian 500 Series ini memiliki ABS (Anti-lock Braking System), Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas yang meningkatkan keamanan berkendara, ada pula Cabin Tilt Safety, untuk memastikan kabin sudah terkunci, dan sistem pengaman Door Lock untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan.

Pada aspek lainnya, Hino500 Series Ultimate Safety Model dilengkapi Strainer menekan biaya operasional kendaraan. Fungsi Strainer inimenghancurkan gel dari bahan bakar nabati (biodiesel) sehingga masa pakai penyaring BBM (fuel filter) lebih panjang dan menghemat biaya perawatan kendaraan.

Seno Wirdiyawantoro, Product Division Head HMSI, menyebutkan truk Hino500 Series itu merupakan upaya Hino meningkatkan keselamatan berkendaraan untuk angkutan B3. “Kami menargetkan konsumen untuk pasar Pertamina maupun non-Pertamina,” ungkap Seno.Truk ini mengedepankan prinsip keselamatan yang selaras dengan regulasi angkutan bahan bakar. Agar memanjakan pengemudi, misalnya, kabin di truk ini menyajikan pendingin ruang alias AC.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved