Strategy zkumparan

RANS Ekspansi ke Bisnis F&B, Raffi dan Nagita Gandeng 4 Brand Sekaligus

Perusahaan milik suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina RANS Entertainment ekspansi ke bisnis F&B dengan menggandeng empat brand sekaligus. (Foto Ist)

Bisnis milik pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan bendera RANS Entertainment kembali melebarkan sayap ke lini bisnis lain. Pada Rabu (01/02/2023), RANS mengumumkan ekspansi ke bisnis F&B, tak tanggung-tanggung, Raffi dan Gigi menggandeng empat brand sekaligus.

Dalam ekspansi ini, RANS menjadi perusahaan akselerator dengan berkolaborasi bersama 4 lini bisnis baru yaitu The Hive Kitchen, Karaage Kei, ICHI Group dan Marawa Beach Club. Nagita mengungkapkan bentuk kerja sama antara satu brand dengan brand yang lain berbeda.

Alasan RANS ekspansi ke dunia bisnis F&B, menurut Nagita minat masyarakat akan industri kuliner dan jumlah wisatawan domestik dan asing di Indonesia meningkat. Sehingga ini menjadi suatu peluang bagi RANS untuk mulai menyasar industri kuliner. Selain itu juga karena dirinya hobi makan dan kulineran.

“Senang sekali hari ini RANS dapat memperkenalkan lini bisnis baru kepada masyarakat Indonesia. Industri lifestyle F&B menjadi suatu peluang bagi RANS untuk mengembangkan ekosistem bisnis, kami berkolaborasi dengan partner-partner terbaik di bidangnya untuk dapat memberikan produk dan pengalaman terbaik bagi masyarakat Indonesia. Diharapkan dengan semakin berkembangnya ekosistem RANS, dapat membantu pertumbuhan perekonomian pariwisata di Indonesia melalui kuliner,” kata Gigi (sapaan akrab Nagita) saat konferensi pers di Jakarta.

Menurut Raffi, dalam memilih partner bisnis F&B, dirinya bersama sang istri rela terjun langsung, baik berkunjung hingga mencoba produk secara langsung. Ini dilakukan agar keduanya mengetahui kualitas produk dari calon partner yang ingin digandeng. “Apalagi makanan, kualitas dan rasa yang enak itu nomor satu di samping pelayanan,” kata Raffi yang juga Chairman of RANS.

Saat ditanya kenapa tidak membuat produk sendiri, Raffi menjawab bahwa dirinya sangat yakin, ekspansi sebuah perusahaan tidak dapat dilakukan secara perorangan. Butuh kerjasama dan kolaborasi di era yang serba disruptif seperti sekarang ini, dan RANS berkolaborasi dengan para partner-partner terbaik di bidangnya masing-masing.

“Sejalan dengan misi kami agar seluruh masyarakat bisa menjadi bagian dari keluarga besar RANS. Untuk itu, kami membuka kesempatan melalui kerjasama kemitraan (collaboration partnership) untuk setiap unit bisnis baru yang diluncurkan oleh RANS. Tunggu tanggal mainnya,” kata Raffi.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Karaage Kei Haraguchi Kei mengatakan bahwa RANS dan Karaage Kei, memiliki visi dan misi yang sama yaitu hanya memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu ini adalah kali pertama Karaage Kei membuka gerai di luar Jepang. “Saya sungguh berharap hidangan otentik kami dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu CEO Ichi Group Felix Tjahyadi mengatakan pihaknya selalu mengombinasikan entrepreneurship dan creativity, kesamaan visi inilah yang membuat Ichi Group tertarik untuk dapat berkolaborasi bersama RANS Entertainment yang juga ingin mengembangkan sayapnya ke industri F&B. “Dengan bergabungnya Ichi Group menjadi keluarga RANS kami ingin menciptakan ide-ide baru yang menggabungkan kreativitas dan makanan yang saya harap dapat memberikan warna baru dalam industri F&B Indonesia,” katanya.

Mengenai bentuk kerja sama dengan RANS, Felix mengaku akan membuat brand baru berkonsep keluarga. Di mana keluarga bisa menikmati waktu bersama dalam suasana yang indah secara bersamaan. “Karena RANS kan konsepnya keluarga. Nanti tunggu waktunya (peluncurannya),” kata Felix.

Selain fokus menyasar bisnis kuliner, RANS turut menggandeng Gunawarman Group dalam menjalankan bisnis lifestyle melalui Marawa Beach Club. Saat ini, Marawa berlokasi di Padang. CEO Gunawarman Group Doni Sutadi mengungkapkan bahwa setelah bergabung bersama RANS pihaknya berencana mengembangkan Pool Club, Country Club, dengan lokasi yang berbeda seperti di pinggir danau, tengah kota, atau pegunungan. ”Kami akan selalu memberikan kejutan-kejutan yang menyenangkan yang akan kami persembahkan melalui kerja sama ini,” katanya.

Sebelum ekspansi ke dunia bisnis F&B, RANS telah ekspansi ke banyak lini bisnis mulai dari entertainment, olahraga, production house, label rekaman, FMCG, properti, e-sport dan animasi. Bahkan Raffi ingin ekspansi ke dunia otomotif dengan membuat sirkuit internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved