Trends Economic Issues

Nusantara Regas Raih Pendapatan US$ 346,16 Juta di 2022

Nusantara Regas

PT Nusantara Regas (NR), Subholding Gas Pertamina dalam pengelolaan bisnis Liquefied Natural Gas (LNG), mencatat kinerja positif sepanjang tahun 2022. NR berhasil melaksanakan penyerahan gas sebesar 86,03 juta MMBTU dan meraih pendapatan US$ 346,16 juta. Dari pendapatan itu, perusahaan membukukan laba bersih US$ 26,06 juta (unaudited).

Direktur Utama NR Harry Budi Sidharta menyebut, kinerja positif NR ini ditopang oleh bisnis utama dalam penerimaan, penyimpanan dan regasifikasi LNG melalui Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Teluk Jakarta dan Onshore Receiving Facilities (ORF) Muara Karang, Jakarta. Gas ini diperuntukan bagi 60% kebutuhan energi pembangkit listrik PLN wilayah Jakarta dan Jawa bagian Barat.

“Kami bersyukur tahun 2022 pencapaian Nusantara Regas melebihi target KPI 2022 yakni 101,9%. Untuk itu, ke depannya kami akan selalu siap berkontribusi dan diandalkan bagi pemenuhan energi,” ujar Harry.

Lebih lanjut Harry mengungkapkan bahwa tahun 2023, pihaknya berencana merealisasikan pengembangan bisnis baru di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Papua dengan tetap mengutilisasi LNG. Upaya ekspansi bisnis tersebut ditujukan mendukung pemenuhan kebutuhan energi gas bumi di Indonesia.

Harry juga menegaskan NR sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina siap untuk melanjutkan tren kinerja positif. Ekspansi bisnis hingga ke Papua nantinya diharapkan dapat mendukung percepatan utilisasi gas bumi gas bumi di Indonesia. Khususnya penggunaan gas bumi di pembangkit listrik, mampu menekan subsidi BBM dan mendorong pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan.

“Salah satu kunci untuk bisnis yang berkesinambungan adalah membina hubungan baik dengan para pemangku kepentingan, melakukan inovasi pada skema bisnis usaha sehingga tercipta peluang baru bagi keberlanjutan usaha,” tambah Komisaris Utama NR, Heru Setiawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved