Management Trends

Mitra Bukalapak Fasilitasi Pemilik Warung Kelola Bisnis Secara Digital

Mitra Bukalapak kembali menggelar Spesial Kumpul Juwara (SKJ) di Bekasi dan Karawang yang dihadiri 900 pemilik warung, kios pulsa, dan individu anggota Komunitas Juwara dari kota Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta, dan sekitarnya. Jumlah ini merupakan peningkatan 4x dari partisipasi SKJ sebelumnya untuk para Mitra di area-area sama yang digelar secara luring.

Dikenal sebagai salah satu kawasan industri, pemilihan kedua wilayah tersebut tidak lepas dari pertumbuhan UMKM yang cukup tinggi. Dilansir dari portal resmi data terbuka Provinsi Jawa Barat, tercatat hingga tahun 2021 terdapat 274.143 unit UMKM di Kota Bekasi, 311.927 unit UMKM di Kabupaten Bekasi, dan 315.388 unit UMKM di Kabupaten Karawang. Namun, angka pertumbuhan ini juga diikuti dengan beragam tantangan yang harus dihadapi UMKM, mulai dari permodalan yang terbatas, daya saing produk yang kurang memadai, strategi pemasaran yang belum berkembang, hingga kurangnya jejaring dan relasi.

Menjawab tantangan tersebut, Mitra Bukalapak menggandeng para pemilik warung untuk dapat meningkatkan kapabilitas dalam mengelola bisnis, produk, maupun finansial lewat serangkaian program edukasi yang dapat meningkatkan kecakapan mengelola bisnis secara digita, seperti SKJ.

Selain sesi edukasi terkait manajemen ketersediaan stok barang, ratusan pemilik warung ini juga diajak untuk belajar kreatif mengelola bisnis lewat berbagai cerita sukses dan inspiratif yang dibawakan langsung oleh para pemilik warung. Seperti cerita Juragan Aan dan Juragan Ranti yang sukses meningkatkan pendapatan hingga 3x lipat berkat kepiawaian tata kelola stok serta strategi pemasaran kreatif dan berbagai program loyalitas yang diimplementasikan setelah mempelajari tips dari acara Komunitas Juwara dan SKJ di Mitra Bukalapak.

Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia. Bersama Komunitas Juwara, secara rutin Mitra Bukalapak mempertemukan para pemilik warung ini di acara jejaring SKJ yang digelar secara luring di berbagai kota yang berbeda. Sepanjang tahun 2022, SKJ telah digelar di Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jakarta, Makassar, Denpasar, Lampung dan Palembang.

Dalam acara SKJ, Siti Khasanah, atau akrab disapa Aan, anggota SKJ. membagikan keberhasilannya dalam mengelola usaha yang diinisiasi dari garasi rumah sendiri sampai bisa berwujud warung dengan tatanan mirip minimarket seperti sekarang. Berawal dengan modal yang minim, Mitra Bukalapak asal Cikarang ini kerap dihadapkan permasalahan stok yang serba terbatas. “Dulu hanya bisa stok barang sedikit sekali. Barang yang dijual hanya barang yang memang dipajang. Jadi cukup banyak pelanggan yang datang akhirnya justru kecewa karena ketiadaan barang,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ranti Laraswati, Mitra Bukalapak asal Karawang yang memiliki usaha bernama Warung Mamak. Impian perempuan ini untuk mendirikan warung baru terealisasi setelah suaminya terimbas pemutusan hubungan kerja pada tahun 2020.

“Awalnya saya hanya menjual sembako dan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti kebanyakan warung lainnya. Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, warung saya jadi warung yang melek teknologi karena semua serba bisa. Tidak lagi hanya menjual sembako, tetapi juga melayani kirim uang, menjual produk virtual, dan bisa menerima pembayaran dengan berbagai metode mulai dari transfer bank sampai e-wallet. Sekarang juga bahkan terima untuk kirim paket lewat fitur BukaSend,” tutur Ranti.

Komunitas Juwara membuat banyak juragan lain seperti Aan dan Ranti bisa banyak belajar tentang bisnis warung dan pengelolaannya. Saat ini, komunitas yang didirikan sejak pertengahan 2019 tersebut, telah memiliki 120.000 anggota yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia.

“Wujud komitmen Mitra Bukalapak dalam membangun warung dan mitra naik kelas ialah dengan meningkatkan edukasi melalui berbagai acara berjejaring bersama juragan di seluruh Indonesia lewat Komunitas Juwara,” ujar Howard Gani, CEO Buka Mitra Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved