Management Trends

Snc.id Kantongi Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 27001

Bruce Hanadi, Chief Information Security Officer snc.id & Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Intan Rahayu. (Foto : NIken/SWA)

Snc.id telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 dari British Standart Institution (BSI). ISO 9001 dan 27001 ini akan menjadi jaminan standar mutu untuk pelanggan atas pelayanan dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.

Bruce Hanadi, Chief Information Security Officer Anc.id menjelaskan bahwa dengan memperoleh ISO 9001:2015 akan menstandardisasi semua bisnis proses terutama dari sisi back office dan manajemen yang dilakukan di lingkungan perusahaan. Sedangkan ISO 27001 akan memastikan snc.id memenuhi standar kualifikasi khususnya pada industri cyber security. “Dengan menerima kedua sertifikasi tersebut, kami memiliki kepastian standar mutu dalam layanan dan jasa kepada pelanggan,” ujarnya.

Bruce menyebut bahwa dalam proses standardisasi ISO, perusahaan telah melalui beberapa tahapan mulai dari melakukan sosialisasi pentingnya ISO 9001 dan 27001 di seluruh lapisan karyawan hingga memastikan seluruh standar operasional prosedur (SOP) yang sudah dibuat dijalankan dengan tertib.

“Sejumlah tahapan proses standardisasi yang dilakukan di antaranya melakukan sosialisas pentingnya ISO 9001 dan 27001 di seluruh lapisan karyawan, adanya komitmen dari top level management untuk meraih ISO 9001 dan 27001, hingga memastikan seluruh SOP yang sudah dibuat dijalankan dengan tertib berikut evidence-evidence-nya,” imbuh Bruce.

Dalam kesempatan ini, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Intan Rahayu menjelaskan pentingnya ISO/IEC 9001:2015 dan 27001:2013. Dia menyampaikan bahwa semua perusahaan harus bersiap dengan keamanan siber. “Karena yang menjadi pertanyaan bukan apakah kita akan terkena serangan siber tapi kapan kita akan terkena serangan siber,” kata Intan.

Intan menjelaskan ISO 9001 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Standar ini menyediakan panduan untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif dan memastikan bahwa organisasi terus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diterima oleh pelanggan. Sementara itu, ISO 27001 adalah standar internasional untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini menyediakan panduan untuk mengimplementasikan sistem keamanan informasi yang efektif dan memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan, disimpan, dan diteruskan oleh organisasi terlindungi dari kerugian atau kerusakan.

“Dengan adanya ISO diharapkan snc.id dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dan pemerintah di bidang jasa managed security service provider terutama pada sisi kualitas dan kualifikasi layanan,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Copyright @2023. SWA Online Magazine

All Right Reserved