Corporate Action Capital Market & Investment zkumparan

Raffi Ahmad Siap Mengakuisisi Taksi Express?

Raffi Ahmad, Bos RANS Entertainment

Beberapa tahun terakhir, investor pasar modal terus mengalami lonjakan seiring dengan meningkatnya minat dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya investasi. Selain itu, kenaikan didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi digital. Masyarakat dapat semakin mudah untuk mengakses platform-platform digital untuk melakukan investasi.

Data Kustodian Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan hingga bulan Agustus 2022 terdapat sejumlah 9,54 juta investor pasar modal, angka ini melejit 27,38 persen apabila dibandingkan dengan bulan Desember 2021 lalu yang hanya berjumlah 7,48 juta investor.

Di samping itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah investor pasar modal pada pertengahan Agustus 2022 ini dikatakan meningkat 8 kali lipat semenjak 5 tahun lalu.

Hal ini juga didorong oleh mulai bangkitnya sektor pariwisata dan dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo pada 30 Desember 2022 lalu.

Raffi Ahmad, artis yang kini juga dikenal sebagai pengusaha rencananya akan terjun ke bidang tranportasi darat dengan mengakuisisi saham perusahaan taksi konvesional. Langkah ini diambil mengingat dengan pulihnya sektor pariwisata di Indonesia maka kebutuhan transportasi yang mendukung sektor tersebut akan menjadi hal yang sangat penting.

Salah satu perusahaan transportasi darat yang dikenal sebagai penyedia jasa Taksi Express, yakni PT Express Transindo Utama Tbk (Express Group) yang berpusat di Jakarta, juga melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode TAXI.

PT Express Transindo Utama Tbk memiliki peran yang cukup penting dalam penyediaan moda transportasi di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan dalam tiga bisnis yakni layanan taksi reguler, layanan taksi premium, dan layanan penyewaan mobil.

Perusahaan yang dikenal sebagai penyedia taksi konvensional ini terus mengoptimalkan aset-aset yang dimilikinya untuk dapat terus menjadi penyedia layanan transportasi yang terpercaya di masyarakat, diketahui PT Express Transindo Utama Tbk mengandalkan layanan bus pariwisatanya.

Seperti kita ketahui, belakangan ini armada Taksi Express sudah tidak terlihat di jalanan dan kabarnya memang sudah berhenti operasionalnya.

Raffi berencana untuk mangakusisi saham Express Group dan menjadikannya sebagai salah satu portfolio bisnisnya. “Kami siap terjun ke bisnis transportasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta (16/02/2023).

Jika akuisisi RANS Entertainment terhadap saham Taksi Express berjalan mulus, maka akan menambah portofolio bisnis pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu. Tak hanya di industri digital kreatif, RANS Entertainment merambah lini bisnis lain seperti olahraga, produk kecantikan, hingga rencana ekspansi ke dunia wisata. Saat ini, RANS Entertainment juga bersiap untuk melakukan penawaran saham perdana atau IPO (initial public offering) tahun 2023.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved