Trends

Bekasi dan Tangerang akan Punya MRT, Ini Daftar Stasiunnya

MRT Fase 3 akan membentang dari Cikarang di Bekasi, Jabar hingga Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten dan memiliki 48 stasiun. (Dok. PT MRT jakarta)

Jangkauan transportasi umum berbasis rel MRT akan diperluas. Dalam unggahan di akun Instagram resmi pada Jumat (17/02/2023), PT MRT Jakarta mengumumkan Jalur Fase 3 MRT Jakarta akan membentang dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat hingga Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten.

Fase 3 koridor East—West MRT Jakarta direncanakan akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer, mulai dari Cikarang hingga Balaraja melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang sekitar 33,7 kilometer. Pembangunan Fase 3 ini akan dibagi menjadi 2 fase, di mana fase 1 (stage 1 & 2) akan difokuskan untuk jalur di dalam Jakarta dan fase 2 akan fokuskan untuk jalur di luar Jakarta.

“Saat ini studi untuk persiapan pembangunan dan kelembagaan tengah disiapkan oleh Jakarta Metro Consultant Association (JMCA),” tulis MRT Jakarta dalam keterangan unggahan tersebut. Pada saat bersamaan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengumumkan rencana pembangunan MRT di Cikarang, Kabupaten Bekasi tersebut.

Menurut Ridwan Kamil, kerja sama tahap 1 akan menghubungkan Tomang di DKI Jakarta dan ruas Medan Satria, Kota Bekasi. Kerja sama tersebut telah ditandatangani oleh Pemprov Jawa Barat dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Plt Walikota Bekasi Ardhianto.

“Semoga dilancarkan dan jika terwujud akan mengurangi pergerakan warga Bekasi menuju DKI atau sebaliknya. Bagi yang biasa naik kendaraan pribadi menjadi beralih kepada transportasi massal,” kata orang nomor satu di Jawa Barat itu, Jumat (17/2/2023).

Adapun MRT fase 3 direncanakan akan memiliki 48 stasiun, dengan rincian 8 stasiun di wilayah Jawa Barat, 14 stasiun di wilayah Banten, dan 26 stasiun di DKI Jakarta. Panjang jalur MRT fase 3 yang terletak di wilayah Banten 29 km, di Jabar 20,4 km, dan DKI Jakarta 33,7 km.

Sebanyak 8 stasiun MRT di wilayah Jawa Barat yakni Cikarang, Cibitung, Wanajaya, Sumber Jaya, Karang Satria, Harapan Baru, Kaliabang, dan Medan Satria. Sementara 14 stasiun di Banten adalah Balaraja, Cibadak, Pasir Gadung, Otonom, Bunder, Kadu, Bencongan, Danau Ranau, Kelapa Dua, Kebon Nanas, Panunggangan, Kunciran, Hasyim Asyari, Karang Tengah.

Sementara 26 stasiun MRT fase 3 yang berada di wilayah DKI Jakarta adalah Kembangan, Batu Mulia, Teknologi, Kebon Jeruk, Tanjung Duren, Arjuna Selatan, Tomang, Grogol, Roxy, Petojo, Cideng, Thamrin, Kebon Sirih, Kwitang, Senen, Galur, Cempaka Baru, Sumur Batu, Pakulonan Barat, Pakulonan Timur, Perintis, Pulogadung, Penggilingan, Cakung Barat, Pulo Gebang, dan Ujung Menteng.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved