Marketing Trends

Strategi Cosmax Dorong Brand Lokal Majukan Industri Kosmetik Indonesia

Cosmax Innovation Conference 2023 di Hotel A Loft South Jakarta. (Ubaidillah/SWA)

Industri kosmetik di Indonesia menjadi salah satu industri yang mulai banyak dilirik, tak hanya oleh pasar lokal namun juga global, hal tersebut terlihat dari pertumbuhan industri yang sangat signifikan. Data Statista menunjukkan angka pertumbuhan produk kategori Beauty and Personal Care di Indonesia mencapai US$7.23 juta pada tahun 2022 dan diperkirakan akan terus meningkat sebesar 5.91% setiap tahunnya hingga 2026.

Presiden Direktur Cosmax Indonesia Cheong Min-Kyoung mengatakan, potensi tersebut menjadi sebuah peluang bagi pemilik brand kosmetik lokal untuk menciptakan industri kecantikan di Indonesia agar terus bertumbuh. Cosmax Indonesia sebagai perusahaan subsidiari Cosmax Group, manufaktur kosmetik yang berbasis di Korea Selatan, berupaya untuk turut memaksimalkan potensi kosmetik lokal di Indonesia dengan keunggulan inovasi dan formulasi terdepan.

Untuk mendukung kemajuan industri kecantikan lokal di Indonesia, perusahaan itu menghadirkan konferensi kecantikan di tahun 2023 yaitu Cosmax Innovation Conference 2023 dengan tema utama The Trend-Leading Innovation Inspiring Local Beauty. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan dan memberikan informasi terbarukan akan inovasi, teknologi, formulasi, dan tren kecantikan yang dapat diaplikasikan secara keseluruhan oleh pelaku industri kecantikan di Indonesia pada tahun 2023 dan ke depannya.

“Melihat perkembangan brand kosmetik lokal Indonesia, menjadi sebuah kesempatan yang baik bagi kami untuk berinovasi dan berkontribusi dalam perkembangannya. Dengan hadirnya konferensi ini, kami berharap dapat menciptakan dan memperkuat ekosistem kecantikan lokal yang inovatif dan menuju advance,” jelas Cheong Min-Kyoung dalam sambutannya.

Dwiana Andayani selaku Direktur Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM menyatakan besarnya pasar kosmetik dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat. Perubahan trend yang sangat cepat merupakan tantangan dan peluang yang sangat luas untuk masuk ke dalam pasar kosmetik.

Dwiana berharap, konferensi tersebut dapat membantu seluruh pelaku industri kecantikan lokal di Indonesia untuk terus bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih maju. Sehingga dapat menginspirasi produk-produk kecantikan lokal di Indonesia untuk menciptakan produk yang unggul dan inovatif.

“Sebagai dukungan pada kemudahan berusaha dan pengembangan kosmetik, Badan POM terus melakukan perbaikan dan peningkatan dalam layanan publik. Selain itu kemudahan dan percepatan perizinan juga terus dikembangkan,” kata Dwiana.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved