Technology Trends

Tencent Cloud Dorong Lanskap Layanan Media di Asia Pasifik

Tencent Cloud

Studi dari Frost & Sullivan memetakan landskap layanan media cloud yang kompetitif dengan mengevaluasi penyedia layanan cloud terhadap tiga kriteria. Pertama kapabilitas aplikasinya, yang mengukur cakupan industri serta pengalaman penyedia. Kedua kapabilitas layanannya, yang mengukur kualitas infrastruktur yang dimiliki penyedia. Ketiga level ekologinya, yang mengukur sumber, integrasi, serta saluran distribusi penyedia.

Skala pasar layanan media di Asia-Pasifik diproyeksikan akan mencapai US$ 6.987 juta pada tahun 2026, dengan CAGR (compound annual growth rate) sebesar 27% selama empat tahun ke depan. Selain itu, permintaan untuk solusi audio dan video diperkirakan akan meningkat di berbagai industri hilir, dengan sektor e-commerce menunjukkan CAGR terbesar di antara sektor lainnya termasuk game online, media dan hiburan, perusahaan, serta layanan kesehatan.

Poshu Yeung, Senior Vice President of Tencent Cloud International, menyoroti bahwa layanan media telah muncul dengan cepat dan kini menjadi landasan cara masyarakat hidup dan berkomunikasi saat ini. Menurutnya, dengan memanfaatkan pengalaman Tencent selama dua dekade dalam melayani dan menghubungkan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia pada platform yang berhadapan langsung dengan konsumen.

“Kami dapat membantu perusahaan mencapai ‘Konvergensi Imersif’, sebuah konsep yang menggabungkan teknologi dan pendekatan inovatif dalam mengintegrasikan ekonomi digital serta dunia nyata untuk mewujudkan koneksi tanpa batas,” ujarnya.

Saat ini, Tencent Cloud menyediakan lebih dari 400 teknologi dan solusi konektivitas yang mendukung “Konvergensi Imersif” melalui jaringan infrastruktur globalnya, yang mencakup lebih dari 26 wilayah geografis di lima benua dan 70 zona ketersediaan, dengan lebih dari 2.800 node akselerasi.

Yeung lebih lanjut mengatakan bahwa seiring dengan perluasan jejak global Tencent Cloud, bisnis ini akan menggandakan sumber dayanya untuk fokus pada inovasi. Penyedia layanan cloud ini juga ingin meningkatkan kemampuan produknya dan mempercepat ekspansi internasional dari produk intinya untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Didukung oleh ekosistem mitra global yang berkembang pesat. Tencent Cloud juga telah berkolaborasi dengan lebih dari 10.000 mitra di seluruh dunia, dan bersama-sama melayani dua juta pelanggan dalam perjalanan transformasi digital mereka.

“Wilayah Asia-Pasifik akan tetap menjadi pasar prioritas kami untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Melihat tingginya permintaan dari perusahaan hingga UKM yang mencari solusi transformasi digital di berbagai industri, kondisi ini membuktikan bahwa wilayah Asia-Pasifik merupakan pasar yang menjanjikan bagi layanan media, dan diproyeksikan akan tumbuh hingga 19 kali lipat dari 2016 hingga 2026. Kawasan ini juga merupakan wilayah dengan pelanggan video-on-demand terbanyak,” tambah Yeung.

Carmen Zhu, Research Director at Frost & Sullivan, mengatakan, Penyedia layanan cloud ini memiliki posisi yang tepat untuk menangkap peluang pertumbuhan pasar layanan media di Asia-Pasifik. Teknologi yang terintegrasi, penawaran layanan satu pintu, platform dengan kode rendah, serta banyaknya perusahaan yang bergerak ke arah global merupakan peluang potensial bagi penyedia layanan media. Solusi-solusi tersebut sangat penting bagi kawasan ini, di mana pertumbuhan didorong oleh kondisi makro yang menguntungkan, seperti penetrasi internet dan seluler yang tinggi, serta pertumbuhan PDB yang cepat di seluruh Asia-Pasifik. Pengenalan terhadap kebijakan pemerintah juga telah membantu dalam mengembangkan ekonomi digital lebih lanjut serta memperluas kapasitas pasar dari berbagai segmen.”

Tommy Li, Vice President Tencent Cloud, mengatakan, dengan tingginya pengalaman praktis dan teknologi inti terdepan yang dimiliki, kami ingin membangun kekuatan kami untuk lebih memperkaya produk yang kami tawarkan di “Konvergensi Imersif”, serta mendukung pelanggan di industri konvensional, media dan hiburan, game, Web 3.0, juga metaverse asli. Mulai dari meningkatkan produk Cloud-native, memperkuat dukungan untuk multi-Cloud dan hybrid Cloud, hingga menghadirkan solusi terpadu yang matang dan mudah digunakan di luar negeri.

“Tim kami akan terus mengembangkan produk yang lebih inovatif untuk melengkapi penawaran cloud yang sudah ada, serta memenuhi permintaan global saat ini,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved