Best CEO zkumparan

4 Peran Kepemimpinan yang Harus Dimiliki CEO

Kemal E.Gani, Group Chief Editor SWA Media (Foto: dok. SWA)

Sebanyak 21 Chief Executive Officer (CEO) terpilih sebagai Indonesia Best CEO 2022. Mereka adalah pemimpin bisnis yang berhasil membawa perusahaan tetap berdiri kokoh, bahkan tumbuh di tengah terjangan diskusi teknologi dan pandemi Covid-19.

Kemal E.Gani, Group Chief Editor SWA Media menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, Indonesia Best CEO 2022 dilakukan melalui survei dengan menggunakan 4 Essential Roles of Leadership. Pendekatan yang dikembangkan oleh FranklinCovey ini meliputi empat peran kepemimpinan, yakni Inspire Trust, Create Vision, Execute Strtaegy, dan Coach Potential.

Tommy Sudjarwadi, Partner Dunamis Organization Services dan Head of FranklinCovey Indonesia mengungkapkan, Inspire Trust poinnya adalah CEO harus bisa membangun kepercayaan karyawan. Menurutnya, yang paling berat adalah ketika perusahaan membuat penyesuaian untuk menanggapi yang terjadi di industri, bagaimana CEO membuat karyawan percaya bahwa perubahan yang dilakukan di internal itu demi survival dan kebaikan perusahaan.

“Jika CEO berhasil dengan cepat menciptakan trust dengan seluruh elemen, maka mereka akan bergerak menangkap segala macam opportunity,” ujar Tommy dalam ajang 18th Indonesia Best CEO Forum yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Dunamis Organization, Selasa malam (28/02/2023).

Peran kedua Create Vision, adalah bagaimana menentukan purpose baru perusahaan, yang otomatis juga menentukan strategi barunya. Untuk menciptakan peran ini, ada tiga hal yang perlu dilakukan CEO. Pertama craft a team vision, bagaimana tim membuat visi dan misi.

Contohnya saat pandemi, bagaimana perusahaan mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Di mana organisasi sangat mengutaman kedekatan emosional, memberikan spiritualitas sebagai rithm dan value, bahkan tetap membayar income karyawan saat produksi tidak bisa dilakukan. Selanjutnya draft a team strategy dan practice a strategic narrative, bagaimana membuat strategi-strategi jangka pendek yang perlu dieksekusi cepat.

Kemudian, peran ketiga Execute Strategy, adalah bagaimana mengeksekusi strategi baru tersebut untuk membuktikan hasilnya. “Banyak orang mengatakan atau membuat visi yang sangat indah, tapi yang menjadi persoalan utama adalah bagaimana mengeksekusinya,” ucap Tommy.

Ia menjelaskan, ada enam hal pendekatan yang harus benar dilakukan oleh CEO. Pertama right people, bagaimana merekrut orang-orang yang pas dan bisa kita leverage untuk tumbuh. Bahkan ketika berbicara mengenai digitalisasi, robot, AI, manusia tetap diposisikan sebagai center.

Lalu, right structure, apakah orang-orang tersebut punya peran dan tanggung jawab yang ditempatkan pada posisi yang tepat. Dan right rewards, apakah karyawan diberikan kompensasi dan rekognisi yang tepat sehingga membuat mereka engage dan memberikan yang terbaik.

“Selanjutnya right resources, jika berbicara digital, 10 tahun yang lalu kita invest sebagai nice to have. Namun saat ini digital menjadi the main course. Di banyak perusahaan, orang-orang teknologi dan digital itu menjadi lokomotif kemajuan bisnis, karena disitu adalah sumber daya yang bisa membuat perusahaan bertransformasi dengan luar biasa,” tambah Tommy.

Adapula right decision, di era digitalisasi saat ini keputusan bisa diambil oleh orang yang paling depan dalam waktu yang sangat cepat. Jika dulu harus eskalasi sampai kepala cabang dan direksi, saat ini otoritas untuk mengambil keputusan dilakukan di level yang sangat tersebar dan cepat. Terakhir right process, dengan perubahan dari manual ke digital, tentu ada proses-proses yang harus disesuaikan.

Dan, peran keempat Coach Potential, adalah bagaimana melakukan coaching dan menempatkan orang-orang yang cocok dan tepat dalam organisasi, serta memberi mereka kesempatan berkontribusi.

“Apa yang dilakukan Best CEO menjadi referensi pemahaman menarik dan dijadikan practices. Rasanya ini menjadi aset nasional dan harapannya para pemenang Best CEO ini bisa melanjutkan tongkat estafet kepada CEO berikutnya, dan at the end of the day kita akan mengatakan bahwa Indonesia is the pool of the Best CEO of the world,” tutur Tommy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved