Trends

Strategi Allianz Indonesia Kembangkan Bisnis Syariah

Sosialisasi Asuransi Syariah di channel YouTube Allianz Indonesia

Unit Syariah PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus memperkuat strategi untuk mengembangkan bisnis syariah, dengan konsisten memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah.

Komitmen Allianz Life Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis syariah dimulai dari pelatihan dan pemantapan tenaga pemasar, yang akan mengedukasi dan meneruskan informasi mengenai asuransi syariah kepada nasabah. Di fase awal, tenaga pemasar akan diberikan rangkaian training intensif. Setelah mendapatkan lisensi resmi dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, para tenaga pemasar juga akan mendapatkan workshop dan training lanjutan untuk terus menambah pengetahuan mereka.

“Allianz Syariah didukung oleh pengalaman Allianz, sebagai perusahaan asuransi yang besar di dunia beserta semua infrastruktur yang ada, untuk membantu setiap inisiatif edukasi asuransi syariah di Indonesia,” kata Achmad Kusna Permana, Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia.

Rangkaian workshop online dan offline ke berbagai kota di Indonesia, diselenggarakan untuk para tenaga pemasar, baik untuk kanal distribusi keagenan maupun bancassurance. Salah satu contoh adalah sosialisasi mengenai kinerja subdana (fund) syariah untuk mengetahui dengan lebih baik mengenai seluk-beluk investasi pada asuransi jiwa unit link syariah.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan secara mandiri, tersedia booklet digital dan video yang dapat diakses kapanpun menggunakan platform digital khusus tenaga pemasar. Dengan pelatihan dan pemantapan yang disediakan Allianz, sampai akhir tahun 2022 agen asuransi jiwa berlisensi syariah meningkat 107,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Allianz Life Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif edukasi asuransi syariah melalui platform yang mudah diakses, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. Di channel Youtube Allianz Indonesia, tersedia video-video edukasi mengenai asuransi syariah. Selain itu ada juga talk show melalui platform Instagram live yang membahas perencanaan keuangan ala syariah.

Agar menjangkau masyarakat secara lebih luas lagi dalam memahami konsep asuransi syariah, Allianz Life Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga mengadakan kampanye di media sosial untuk mengajak siapapun saling berbagi kebaikan. Konsep ini sangat relevan dengan asuransi syariah, yang bersifat adil, transparan, universal, dan saling tolong-menolong antar peserta. Di tahun 2022, kegiatan edukasi asuransi syariah untuk masyarakat luas ini, telah menjangkau lebih dari 33 juta orang.

Dampak kegiatan edukasi terhadap peningkatan produktivitas Allianz Syariah ini tercermin pada pertumbuhan jumlah polis baru sebesar 21,3% dan peningkatan jumlah peserta sebesar 9,2% sampai akhir tahun 2022.

“Dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan secara berkelanjutan, harapan kami pemahaman, minat, dan kepercayaan masyarakat akan asuransi syariah terus meningkat. Hal ini sejalan dengan komitmen Allianz untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, dan upaya kami mendukung bertumbuhnya ekonomi syariah,” tutur Permana.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved