Property

Flyover Kopo Bakal Dilengkapi Monumen Cibaduyut

Jokowi Resmikan Fly Over Kopo di Kota Bandung (Foto: Dok Pemrov Jabar)

Pemerintah pusat telah meresmikan 4 infrastruktur tersebut, antara lain Fly Over Kopo di Kota Bandung, Kolam Retensi Cieunteung, Kolam Retensi Andir, dan Floodway Cisangkuy di Kabupaten Bandung, Minggu 5 Maret 2023.

Peresmian dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Beragam upaya telah dilakukan, di antaranya membangun 9 kolam retensi baru, 22 sumur resapan dalam, 647 sumur resapan dangkal, dan 3.706 drumpori.

Pemkot Bandung juga rutin mengeruk saluran air, serta menghadirkan rumah pompa air yang siap siaga saat banjir. Dalam acara Bandung Menjawab edisi 25 Januari 2023 silam, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM Kota Bandung) Didi Ruswandi menyebutkan salah satu rencana pembangunan yang relatif besar di tahun 2023 adalah kolam retensi di empat lokasi.

Pertama, pembangunan kolam retensi di Kompleks Margahayu Raya. Sedangkan tiga lainnya yaitu di Pasar Leuwipanjang, Pasirkoja, dan Rancabolang.

Jokowi juga meresmikan infrastruktur Fly Over Kopo di Kota Bandung. Infrastruktur yang satu ini hadir sebagai upaya pengendalian kemacetan di Kota Bandung. Seperti diketahui, Flyover Kopo merupakan upaya untuk mengurai kemacetan arus kendaraan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja di Kota Bandung. “Untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas di Kota Bandung, kita sudah bangun Flyover Kopo dengan biaya Rp 288 miliar,” tegas Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menambahkan Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass bisa memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas. “Di samping itu memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian kota dan kawasan,” ucapnya.

Menurut Basuki, untuk di Kota Bandung sendiri masih ada satu infrastruktur konektivitas yang diusulkan pemerintah daerah di Buah Batu. Kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga merencanakan akan menghiasi flyover Kopo dengan monumen Cibaduyut, yang terkenal dengan sentra industri sepatu.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Khairur Rijal menyebut, setelah difungsikan pada akhir 2022, kehadiran Fly Over Kopo memberi dampak signifikan pada laju kendaraan terus menerus dari arah timur Kota Bandung menuju barat, ataupun sebaliknya.

Adapun Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 1,3 kilometer di daerah Kopo yang merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung, serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. “Sudah tidak terhalang lagi oleh dua simpang bersinyal, yaitu Kopo – Soekarno Hatta, dan Cibaduyut – Soekarno Hatta,” terangnya.

Di sisi lain, Rijal menyebut masih ada kepadatan kendaraan dari arah selatan dan utara di kawasan fly over pada jam puncak arus lalu lintas pagi dan sore hari. Terkait hal ini, pengamanan akan berkoordinasi dengan Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional Kementerian PUPR, yang secara teknis nantinya memungkinkan pengaturan atau rekayasa pada kaki simpang yang berada di bawah Fly Over Kopo. “Mudah-mudahan permasalahan jam puncak lalin pagi sore utara selatan bisa kita selesaikan dalam waktu dekat,” katanya.

Perlu diketahui, saat ini diadaptasi juga tengah mengevaluasi kondisi lalu lintas di kawasan timur dan barat setelah fly over. Yakni di simpang Mekarwangi (timur) dan simpang Caringin (barat). Hal ini dikarenakan kepadatan lalu lintas kerap terjadi di dua kaki simpang tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved