Marketing Trends

IFFINA 2023 Tempat Berkumpulnya Pelaku Industri Mebel dan Kerajinan

IFFINA 2023 merupakan pameran skala internasional yang diinisiasi oleh ASMINDO

Industri mebel dan kerajinan merupakan industri yang Produk Domestik Bruto (PDB) terus tumbuh sejak 6 tahun terakhir. Tahun 2021 industri ini berhasil berkontribusi sebesar Rp29 triliun ke PDB. Selain itu, mebel merupakan industri padat karya yang menyerap tenaga kerja langsung sekitar 500.000 orang, baik di pabrik maupun homeindustry. Angka ini belum termasuk dengan serapan tenaga kerja dalam industri kerajinan dan industri penunjangnya.

Oleh karena itu, kita semua bisa merasakan betapa pentingnya peran industri mebel dan kerajinan bagi perekonomian Indonesia. Setelah pandemi berakhir dan perdagangan lintas negara sudah mulai lancar kembali, maka sudah saatnya bagi kita untuk mendorong produksi mebel dan kerajinan, baik untuk pasar ekspor maupun kebutuhan pasar dalam negeri.

Tumbuh dan berkembangnya industri hospitality di luar negeri dan dalam negeri, serta giatnya industri pariwisata dan industri kuliner akan terus meningkatkan permintaan akan produk mebel dan kerajinan.

“Maka dalam upaya untuk terus mendukung dan memperluas pemasaran produk mebel dan kerajinan Indonesia, Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) kembali menyelenggarakan pameran mebel dan kerajinan bertaraf internasional, yaitu IFFINA, Indonesia Mebel & Design Expo 2023. IFFINA 2023 merupakan pameran skala internasional yang diinisiasi oleh ASMINDO,” ujar Ketua Umum Asmindo Dedy Rochimat dalam keterangan tertulis di Jakarta (10/03/2023).

Dedy menjelaskan, ASMINDO merupakan asosiasi mebel dan kerajinan tertua di Indonesia karena telah berdiri sejak tahun 1988. Asosiasi ini memiliki 23 komisariat daerah yang tersebar di seluruh negeri dan memiliki anggota dari berbagai jenis usaha industri, baik industri besar, menengah, kecil, dan mikro.

ASMINDO kembali akan menggelar IFFINA, Indonesia Mebel & Design Expo 2023. Pameran IFFINA tahun ini adalah yang ke-10 kalinya digelar oleh ASMINDO berlangsung tanggal 14–17 September, bertempat di ICE (Indonesia Convention & Exhibition) BSD seluas 6 hall. Pameran ini akan menjadi showcase bagi lima kategori utama, yaitu furniture, craft, project design, homeware and home fabric, serta decorative & gift.

Jumlah pengunjung yang ditargerkan akan hadir ke pameran ini sekitar 10.000 orang dengan jumlah peserta pameran mencapai 400 perusahaan.

ASMINDO mengharapkan dukungan dan keterlibatan seluruh stakeholder terkait, baik dari institusi pemerintah pusat dan daerah, BUMN, sektor swasta, lembaga pembiayaan, pemerhati lingkungan serta tentunya para pelaku industri mebel dan kerajinan.

Sebagai pionir penyelenggaraan pameran mebel dan kerajinan di circle kedua, ASMINDO berharap negara-negara di ASEAN pun dapat mengikuti langkah tersebut dengan menyelenggarakan pameran internasional serupa sehingga tercipta eksosistem yang kondusif pada circle kedua di kawasan Asia Tenggara.

IFFINA 2023 diharapkan menjadi trendsetter di wilayah Asia Tenggara sebagai pameran furnitur dan kerajinan di circle kedua, sesuai dengan tagline yang diusung tahun ini, yaitu ‘The New Sourcing Circle in Asia’.

Sebagaimana Tiongkok yang memiliki dua pameran furnitur besar pada semester pertama di bulan Maret dan September untuk semester kedua, pameran ini akan memfasilitasi kebutuhan pasar furnitur dunia yang belum tercukupi serta diharapkan mampu menghadirkan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pelaku industri mebel dan kerajinan di Indonesia dan sekitarnya.

“IFFINA bukan hanya ajang pameran produk mebel dan kerajinan terbaik dari Indonesia. Lebih dari itu, IFFINA merupakan titik kumpul yang tepat bagi para pelaku industri, pemerintah, maupun masyarakat untuk bersama-sama mendukung terwujudnya ekosistem industri mebel & kerajinan yang maju,” ungkap Dedy.

Dalam kesempatan ini, ASMINDO mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung produk-produk mebel dan kerajinan Indonesia, dengan memilih produk lokal sebagai alternatif yang berkualitas dan inovatif. Dukungan semua pihak akan mampu mendorong tumbuhnya industri mebel dan kerajinan Indonesia yang semakin maju dan berdaya saing tinggi di pasar global.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved