Technology SWA Online Trends

Admin Pintar Kita Bantu UMKM Go Digital

Peluncuran aplikasi BUMI oleh PT Admin Pintar Kita. (dok. PT Admin Pintar Kita)

PT Admin Pintar Kita bersama Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) meluncurkan aplikasi Bangkit Usaha Muda Indonesia (BUMI) untuk membantu UMKM dalam melakukan transformasi digital secara lebih mudah dan cepat.

“Peluncuran BUMI berangkat dari kepedulian kami bahwa menurut Menkominfo, dari 64,2 juta UMKM di Indonesia baru sekitar 8 juta yang go online dan kontribusinya terhadap PDB baru mencapai 60%,” ujar Pendiri dan CEO PT Admin Pintar Kita Joseph Simbar.

Joseph menjelaskan, Admin Pintar Kita yang berperan sebagai mitra teknologi dari BMWI berkomitmen untuk membangun dan membantu UMKM Indonesia dalam melakukan transformasi digital. “Untuk itu, Admin Pintar Kita mendukung BMWI dalam usaha mereka untuk menaikkan kelas lebih dari 100 ribu UMKM di organisasi mereka di seantero Indonesia,” jelas Joseph.

Sebagai informasi, PT Admin Pintar Kita adalah perusahaan di balik aplikasi Mimin, aplikasi chat commerce yang membantu lebih dari 50 ribu UMKM di seluruh Indonesia untuk memproses pesanan yang masuk melalui chat. Perseroan sudah berkolaborasi dengan berbagai organisasi, komunitas, dan badan pemerintahan.

Sejumlah benefit pun menjadi andalan BUMI. “Antara lain, memproses pesanan 70% lebih cepat, menghitung ongkir secara otomatis, menerima berbagai macam metode pembayaran online, laporan penjualan yang terintegrasi serta mendapatkan website secara langsung guna menerima pemesanan melalui website,” urai Joseph menjelaskan keunggulan BUMI.

Adapun Ketua Umum BMWI Syamsul Hidayah memaparkan, pihaknya memutuskan untuk bekerja sama dengan Admin Pintar Kita berdasar telaah yang matang. “Kami memandang Admin Pintar Kita merupakan partner yang paling tepat dan berpengalaman di bidang teknologi dalam membantu UMKM Indonesia untuk bertransformasi secara digital. Sehingga bersama kita akan mencapai tujuan dalam membantu UMKM Indonesia scaling up,” jelas Syamsul di kesempatan yang sama.

Acara peluncuran BUMI yang berbarengan dengan Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda Wirausaha Indonesia (DPP BMWI) sendiri dihadiri banyak tokoh nasional. Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memaparkan Indonesia memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan jumlah wirausahawannya. Dibandingkan seperti Singapura dengan jumlah wirausaha sebesar 8%, Malaysia dan Thailand di atas 4%, maka Indonesia yang jumlah entrepreneur-nya baru di angka 3,47% cukup tertinggal.

Penciptaan wirausaha dipandang Teten akan menjadi solusi dari ancaman pengangguran di masa depan. “Setiap tahun ada 3,5 juta lulusan perguruan tinggi. Dengan tingkat ekonomi kita maka yang akan terserap hanya 2 juta. Sebanyak 1,5 juta alumnus terancam jadi pengangguran. Karena itu penciptaan wirausaha dapat menjadi solusinya,” jelas Teten.

Adapun Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan agar anak muda mengasah kemampuan digital native. “Karena anak muda saat ini adalah bagian dari era society 5.0. Karena itu Kemenparekraf serta BMWI siap gas pol memajukan sektor pariwisata Indonesia,” papar Sandi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved