Capital Market & Investment Trends

Investor Diprediksi akan Fokus pada Saham Lokal di 2023

investor saham Toget Brokers
Eng Thiam Choon, CEO Tiger Brokers (Singapura). (Foto: dok. Tiger Brokers)

Platform trading online global, Tiger Brokers dalam laporan investasi terbarunya memprediksi, tahun ini investor akan lebih berfokus pada saham lokal dibandingkan saham luar negeri.

Fokus utama lainnya adalah kripto dan foreign exchange, yang sebagian besar diperdagangkan oleh kalangan muda. Kripto mendapatkan daya tarik setelah Covid-19 ketika para influencer lokal mulai memamerkan kekayaan mereka di media sosial.

Pada 2023, Produk Domestik Bruto juga diproyeksikan tumbuh rata-rata 4,9% atau hanya sedikit lebih lambat dibandingkan tahun 2022. Ini mencerminkan pelemahan tetapi masih kuatnya belanja pribadi.

Eng Thiam Choon, CEO Tiger Brokers Singapura mengatakan, meskipun tahun 2022 merupakan fase rebound yang baik bagi banyak industri, pasar saham global masih terpukul karena berbagai faktor termasuk pengendalian pandemi, inflasi, kenaikan suku bunga, dan konflik politik.

Tiger Brokers juga mengidentifikasi tiga sektor utama yang dapat menjadi fokus investor saham pada 2023. Pertama, teknologi akan terus ada dan berkembang. Terlepas dari pemutusan hubungan kerja dan tantangan yang terjadi baru-baru ini di sektor ini, industri teknologi diperkirakan akan tetap kuat di seluruh wilayah Barat dan APAC-ASEAN.

“Dengan dibukanya kembali Tiongkok dan pelonggaran kebijakan regulasi di sektor teknologi oleh pihak berwenang, kenaikan besar dapat diramalkan di subsektor industri seperti Artificial Intelligence, komputasi awan, keamanan siber, metaverse, robotika dan Internet of Things,” jelas Eng.

Sektor kedua adalah wisata. Revenge travel atau wisata ‘balas dendam’ disebut akan terus melonjak pada 2023 ini karena semakin banyak wilayah yang melonggarkan pembatasan dan membuka perbatasan mereka untuk perjalanan internasional dan domestik. Hal ini menyebabkan peningkatan aktivitas rekreasi dan bisnis yang akan mendorong investasi di sektor pariwisata dan konsumen.

Terakhir, bermain di olahraga dapat menghasilkan taruhan investasi yang besar. Olimpiade 2022, kemeriahan Final Piala Dunia FIFA, dan Grand Prix Singapura 2022 masih membekas di benak para penggemar olahraga. Sebagai sponsor resmi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) Mitsubishi Electric Cup 2022, Tiger Brokers memahami bagaimana acara olahraga besar seperti ini memiliki dampak penting pada aktivitas ekonomi – dari masuknya wisatawan hingga belanja konsumen.

“Lebih dari sekadar membawa kemenangan bagi para penggemar, pengalaman olahraga juga dapat menjadi prestasi bagi investor dengan pengetahuan dan alat investasi yang tepat,” tutur Eng.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved