Technology Trends

Facebook Punya Fitur Cross-Sharing Bagi Para Kreator Konten

Acara Facebook “Today and Tomorrow” (Foto: Audrey/SWA)

Pengguna aktif harian Facebook telah mencapai 2 miliar di seluruh dunia. Sementara, untuk jumlah grup yang di dalamnya juga berkembang mencapai 40 persen. Ada 148 juta orang yang ada di platform grup Facebook aktif dalam sebulan terakhir.

Pieter Lydian, Country Managing Director Meta Indonesia menyampaikan, “Meta sekarang mengembangkan perubahan di dalam Facebook. Ada 3 perubahan yakni kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), memerhatikan kreator konten dan layanan pesanan.”

Pieter mengklaim pertumbuhan ini disebabkan oleh kemampuan AI yang mendorong konten yang spesifik, sesuai dengan minat pengguna. Ke depannya, Facebook akan menginvestasikan sumber daya untuk mengembangkan AI agar bisa memahami preferensi pengguna, serta memberikan rekomendasi konten yang lebih personal dan spesifik

Menurut catatan Culture Rising Trends Report 2023 yang dirilis Meta, perusahaan induk Facebook, ada beberapa topik yang mendorong percakapan di Facebook. Topik-topik tersebut antara lain fesyen, kuliner, dan entertainment. Pilihan topik ini juga menjadi favorit pengguna Facebook Indonesia dalam memilih reels atau video pendek.

Adapun topik yang mendorong percakapan di Facebook Indonesia dalam beberapa waktu belakangan meliputi topik baju kurung (195 persen), kepiting saos padang (370 persen), serta durian (11.000 persen).

Dari sisi kreator, Facebook berkomitmen meluncurkan berbagai fitur untuk mempermudah para kreator dalam menciptakan ide-ide kreatif mereka. Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Asia Tenggara dan Emerging Markets Revie Sylviana mengatakan Facebook menjadi platform yang diminati di negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Thailand, dan Filipina dibandingkan dengan Instagram.

“Facebook mempunyai fitur yang melengkapi para kreator konten agar dikenal masyarkat lebih luas. Fitur fitur cross-sharing sangat bermanfaat bagi para kreator konten agar bisa membagikan konten yang dibuat tidak hanya tersebar di Facebook saja, tapi juga tersebar di Instagram dan YouTube,” ujar Revie pada acara Facebook: Today and Tomorrow yang digelar di Jakarta, Jumat (24/03/2023).

Menurut Pieter, konten Reels kreator Indonesia yang dibagikan di Instagram, mungkin bisa juga dinikmati oleh pengguna Reels di Thailand, AS, Filipina, di mana FB menjadi platform yang dominan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved