Financial Report Capital Market & Investment

Indofood Catatkan Penjualan Neto Rp64,8 Triliun pada 2022

Indomie salah satu produk ICBP. (Dok, ICBP)

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) pada hari ini Senin (27/3/2003) mengumumkan kinerja keuangan untuk periode satu tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022. ICBP mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 14% menjadi Rp64,80 triliun dari Rp56,80 triliun pada tahun lalu.

Laba usaha naik 15% menjadi Rp13,38 triliun dari Rp11,67 triliun, dan marjin laba usaha stabil di kisaran 20,6%. Core profit yang mencerminkan kinerja operasional meningkat 7% menjadi Rp7,31 triliun dari Rp6,86 triliun.

Anthoni Salim selaku Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP mengatakan tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perusahaan-perusahaan FMCG karena ketegangan geopolitik, berbagai perubahan seputar peraturan dan kebijakan, serta kenaikan harga berbagai komoditas. Meskipun demikian, dirinya gembira ICBP dapat terus mencatatkan kinerja keuangan dan bisnis yang baik di tahun 2022 didukung oleh kekuatan brand equity, pricing power dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat.

“Di tahun 2023, kami akan tetap fokus mengembangkan kegiatan usaha di Indonesia dan di luar Indonesia secara organik. Lalu mengoptimalkan keseimbangan antara pertumbuhan volume penjualan dan profitabilitas, memperkuat posisi pasar di seluruh kategori produk, serta mempertahankan posisi neraca yang sehat,” kata Anthoni Salim dalam keterbukaan informasi perseroan, Senin (27/3/2023).

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka. ICBP memiliki kegiatan usaha dalam berbagai kategori produk, antara lain mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman. Selain itu juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi kemasan fleksibel maupun karton untuk produk-produk mereka.

Kegiatan operasional ICBP didukung oleh sekitar 60 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia, sehingga dapat dekat dengan para konsumen dan menjamin kesegaran serta ketersediaan produk-produk di seluruh channel penjualan. Didukung oleh jaringan distribusi PT Indofood Sukses Makmur yang ekstensif di segenap penjuru Nusantara, ICBP dapat memenuhi permintaan konsumen secara tepat waktu dan lebih efisien.

Guna melayani permintaan pasar di mancanegara, ICBP memiliki lebih dari 20 fasilitas produksi mi instan di Malaysia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Tenggara yang menempatkan ICBP sebagai salah satu produsen mi instan terbesar di dunia. Selain itu, ICBP juga mengekspor berbagai produknya dari Indonesia, sehingga produk ICBP hadir di lebih dari 100 negara di dunia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved