Trends

Agrodana Futures dan UKDC Gencarkan Literasi Perdagangan Berjangka Komoditi

Kegiatan Literasi Perdagangan Berjangka Komoditi (Foto: Ist)

PT Agrodana Futures bersama Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) meningkatkan Literasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dengan menyelenggarakan seminar dan meresmikan Commodity Derivative Interest Group (CDIG) di lingkungan kampus UKDC. Literasi keuangan masyarakat yang membaik akan melindungi mereka dari penipuan yang dilakukan oleh berbagai oknum dan membuka peluang berinvestasi di instrumen keuangan lainnya.

Rektor UKDC Adrian Adiredjo, S.T.L., M.A., S.Th.D menyambut positif respons dari Agrodana Futures, Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH yang menyetujui pembukaan CDIG di lingkungan kampus. “Kami berharap dengan pengetahuan teknis terkait PBK yang langsung tersedia di lingkungan kampus, akan memperlengkapi seluruh mahasiswa kami dengan keterampilan tambahan yang belum tentu tersedia di kampus lain. Nantinya mereka bisa langsung terjun ke dalam industri ini dan ikut mengembangkan perekonomian Indonesia,” tutur Rektor UKDC ini dalam sela-sela penyelenggaraan acara.

Yugieandy Tirta Saputra, Direktur ICDX, menambahkan, ICDX memiliki produk eksklusif GOFX yang memungkinkan transaksi Gold, Oil dan Forex dengan kontrak Micro sehingga cocok bagi kalangan mahasiswa yang selama ini bertransaksi kontrak Micro di pialang illegal dari luar negeri, dan seluruh transaksi di GOFX pasti dijamin oleh Lembaga Kliring ICH. Dengan pembukaan CDIG ini, maka masyarakat pada umumnya dan kalangan civitas academica pada khususnya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam bertransaksi PBK.

“Kehadiran Lembaga Kliring Indonesia Clearing House (ICH) dalam transaksi PBK di Bursa ICDX membuat investor merasa aman, karena investor bisa merasa yakin bahwa jika mendapatkan keuntungan maka keuntungan tsb pasti dapat dicairkan dan dinikmati. ICH juga menyediakan akun e-Citra agar nasabah bisa melihat apakah transaksinya benar tercatat di ICH. Dalam segala bentuk investasi, jika tidak ada Lembaga Kliring yang melakukan verifikasi maka hal ini rawan penipuan,” tambah Dijah Pratiwi Prihandini, Direktur ICH.

“Agrodana Futures berhasil menyandang Best GOFX Broker of the Year untuk tahun 2021 dan 2022 dan kami terus memberikan edukasi ke masyarakat melalui berbagai cara. Market update dan berbagai informasi terkait trading yang bisa diakses melalui kanal Youtube, aplikasi Agrodana Futures News dan berbagai media sosial serta kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia adalah usaha nyata kami dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia,” tutur Laurentius Gunawan, Direktur Utama PT Agrodana Futures.

Laurentius menyebut, mahasiswa adalah generasi penerus bangsa dan mereka perlu diperlengkapi dengan berbagai ilmu termasuk transaksi PBK agar mereka juga bisa ikut mengembangkan dan menikmati manfaat dari industri PBK.

Anang E. Wicaksono, Head ICDX Academy mengatakan transaksi di PBK menarik karena bisa dua arah, sehingga membuka peluang untuk meraih keuntungan pada saat pasar bullish maupun bearish. Di samping itu, dengan penggunaan leverage memungkinkan investor berinvestasi dengan modal yang kecil.

“Investor yang bertransaksi di PBK memiliki potensi keuntungan yang luar biasa karena adanya leverage, tetapi mereka perlu memahami mekanisme transaksinya agar bisa memahami risikonya juga. Di sini Money Management penting untuk diperhatikan agar tidak mengalami kerugian yang tidak dikehendaki, Selain dari pada itu sebelum memulai berinvestasi perlu diingat kembali terkait 2 hal yaitu sisi LEGAL yaitu terkait perizinan perusahaan pialangnya, wakil pialangnya dan produk instrumennya serta LOGIS dari sisi hitungan dan praktiknya,” tutur Anang.

Laurentius mengaku, Agrodana adalah satu-satunya pialang berjangka yang menjamin penarikan dana dalam waktu kurang dari 1 jam sudah masuk ke rekening nasabah. Semua nasabah juga langsung diberi akun e-Citra agar bisa verifikasi ke ICH. “Eksekusi transaksi jugakami pastikan lancar,” tutur Laurentius meyakinkan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved