Marketing Trends

Maybank Marathon Digelar Agustus, Gandeng Bangsaen42 Chonburi Marathon

Doc. Maybank Indonesia

PT Bank Maybank Indonesia kembali menyelenggarakan event lari tahunan World Athelitcs Elite Lebel Road Race Maybank Marathon 2023. Ajang atletik internasional ini akan dilaksanakan pada 27 Agustus 2023 di Bali Safari & Marine, Gianyar, Bali. Sementara, registrasi akan dibuka pada 4 April 2023.

“Menyusul keberhasilan Maybank Marathon 2022 yang merupakan penyelenggaraan setelah pandemi Covid-19 dan absen dari penyelenggaraan di Bali selama 2 tahun. Kami menyelenggarakan Maybank Marathon ke dua setelah pandemi Covid-19,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia,Taswin Zakaria (29/03/2023).

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Maybank Marathon akan dilaksanakan dalam empat kategori yakni Marathon (42,195 KM), Half Marathon (21,1 KM), 10K, serta kategori Children Sprint. Taswin menyebutkan total hadiah race yang digelontorkan di tahun ini mengalami kenaikan menjadi Rp2,7 miliar dari Rp2,4 miliar di tahun lalu.

“Peningkatan ini untuk memberi dukungan dan semangat kepada pelari agar sportifitas pelari meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan insentif diberikan juga untuk lebih menyemarakan Maybank Marathon,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat terhadap event ini kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang melakukan registrasi. Di tahun pertama penyelenggaraanya di Bali, jumlah peserta teregistrasi kurang dari tiga ribu peserta. Jumlah itu meledak di tahun 2019, dengan total register sebanyak 15 ribu.

Di tahun 2020, Maybank tetap konsisten menyelenggarakan event marathon meskipun dilakukan di tengah pandemi covid-19. Pembatasan sosial berskala besar membuat maybank marathon dilakukan secara virtual dengan konsep everywhere. Acara tersebut sukses dan mampu membukukan 17 ribu pelari di seluruh Indonesia.

Di tahun 2022, Maybank kembali menyelenggarakannya di Bali namun sayangnya jumlah kepersertaan menurun dari tahun 2019 , yakni 10 ribu perserta. Penurunan tersebut kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, diakibatkan oleh masih diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar dan harga tiket peswat yang masih tinggi.

“Tahun ini, kami perkirakan jumlah peserta yang teregistrasi akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya atau sama seperti tahun 2019. Begitu juga komposisi pelari nasional dan internasional akan lebih beragam,” kata dia. Sayangnya, pihak Maybank enggan menyebutkan berapa target peserta yang dibidik di tahun ini.

Masih dalam acara yang sama, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung, menyebut Maybank Bali Marathon masih menjadi event lari tahunan terbaik di Indonesia. Hal ini terlihat dari teknis manajemen menangani peserta, media, dan fasilitas yang diberikan.

“Maybank Bali Marathon yang kini menyandang level bronze sangat mungkin naik level ke tingkat silver bahkan gold karena kualitas yang dimilikinya,” kata Tigor. Melihat kualitas tersebut, PB PASI juga memutuskan untuk melakukan kualifikasi PON cabang atletik di event ini. Artinya, pelari elite nasional dan daerah yang mengikuti Maybank Marathon tahun ini akan menentukan apakah mereka bisa mengikuti PON 2024 di Sumatera Utara atau tidak.

Langkah ekspansif untuk memperluas jaringan dengan event marathon serupa di Kawasan Asia Tenggara pun dilakukan melalui kerja sama sister marathon dengan Elite Label Road Race Bangsaen42 Chonburi Marathon Thailand. Langkah ini kata Taswin, untuk mengembangkan industri olahraga atletik di Indonesia sekaligus membuka peluang pertukaran peserta lari antar event.

“Disaat yang sama, kerjasama tersebut bisa menempatkan Maybank Marathon di kancah perhelatan world class event marathon terkemuka di kawasan Asia Tenggara, bahkan di tingkat Asia,” ujarnya menambahkan.

Di tahun pertama kerja sama sister marathon ini, Maybank Indonesia akan memberikan slot lari gratis bagi 40 pelari finisher Maybank Marathon 2023 kategori UMUM (WNI) yang berhasil mencatatkan waktu terbaik untuk mengikuti lomba kategori Marathon (42,195 km) di Bangsaen42 Chonburi Marathon pada bulan November 2023. Demikian juga 40 pelari Bangsaen42 Chonburi Marathon berkesempatan untuk berlomba di ajang Maybank Marathon 2024.

“Kerja sama sister marathon, diharapkan bisa membuat pelari lebih aktif dalam event marathon di Asia Tenggara yang secara tidak langsung juga mendukung perekonomian di negara setempat,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved