Financial Report Capital Market & Investment

Laba Bluebird Naik 40 Kali Lipat, Ini Penyebabnya

Sigit Djokosoetono, Presiden Direktur Bluebird

Sepanjang tahun 2022, PT Blue Bird Tbk., berhasil mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp3,59 triliun atau tumbuh 62% Year on Year (YoY) dibandingkan pendapatan tahun sebelumnya di angka Rp2,2 triliun. Sementara itu, EBITDA naik dua kali lipat menjadi Rp868 miliar dari Rp432 miliar dibandingkan tahun 2021. Pertumbuhan ini didukung oleh meredanya kasus Covid-19 dan pencabutan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Laba bersih tercatat Rp364 miliar, meningkat tajam hingga mencapai lebih dari 40x lipat dibandingkan tahun sebelumnya di angka Rp9 miliar. Pencapaian tersebut diraih seiring dengan upaya mempertahankan posisi kas dan neraca yang sehat dan kuat. Bahkan pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan periode pra-pandemi di tahun 2019, saat Bluebird mencetak keuntungan sebesar Rp317 miliar.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono menjelaskan kinerja positif Bluebird bukanlah sesuatu yang mudah dicapai di tengah berbagai tantangan dan disrupsi pandemi Covid 19. “Sebagai penanda lebih dari 50 tahun perjalanan kami melayani negeri, dengan penuh syukur Bluebird dapat mengukuhkan posisinya pada industri transportasi di Indonesia melalui kinerja yang luar biasa positif,” ungkapnya.

Menurutnya, pencapaian kinerja 2022, menunjukkan bahwa Bluebird telah melakukan strategi penyesuaian yang tepat dalam melaksanakan pengelolaan pengeluarannya, sehingga Bluebird mampu menciptakan sistem operasi yang lebih efisien sejalan dengan dinamika yang terjadi tanpa mengorbankan kualitas layanan kepada penumpang.

Bluebird saat ini beroperasi di 18 kota besar di Indonesia, didukung oleh 54 depo yang tersebar secara nasional. Per akhir tahun 2022, Perseroan mengoperasikan lebih dari 20 ribu armada, naik 4,4% dibandingkan tahun 2021 yang mencakup semua segmen taksi Bluebird..

Selain fokus pada transformasi bisnisnya, perseroan juga berkomitmen untuk menciptakan ‘Setiap Kilometer Berarti’ yang terlihat bukan hanya dalam hal layanan namun juga melalui komitmen Perseroan dalam mewujudkan Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30 untuk mengurangi dampak emisi dan gas buang operasional hingga 50% pada 2030. Komitmen ini juga akan menjadi landasan keberlanjutan bisnis Perseroan yang ditopang melalui tiga pilar keberlanjutan – BlueLife, BlueSky dan BlueCorps yang diimplementasikan dalam strategi bisnis perseroan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved