Marketing Trends

Volume Pengiriman Lion Parcel Tumbuh 20% Sepanjang Maret

Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel dalam acara Buka Bersama Lion Parcel (04/04/2023) (Foto: Anastasia/SWA)

PT Lion Express (Lion Parcel) mencatatkan kenaikan volume pengiriman 20% sepanjang Maret 2023 dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini seiring dengan momentum belanja online untuk kebutuhan puasa dan lebaran. Adapun barang yang paling banyak dikirim adalah fashion meliputi mukena dan baju. Diikuti oleh kosmetik dan frozen food.

“Pengiriman dari sisi online naik signifikan di tengah kegiatan offline yang kini telah dilakukan masyarakat. Kenaikan ini juga terjadi di wilayah Timur,” kata Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel dalam acara Buka Bersama Lion Parcel hari ini (04/04/2023). Dalam mengatasi lonjakan volume pengiriman tersebut, perseroan pun menyiapkan infrastruktur dan jaringan, sistem operasional, serta teknologi agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Komitmen itu dibuktikan dengan menyediakan 7.000 agen di seluruh Indonesia, 350 pesawat Lion Group dan 3.000 armada darat untuk mengantarkan paket selama periode Ramadhan dan Lebaran ke 98 persen area di Indonesia. Sementara itu, dari sisi layanan, Lion Parcel meningkatkan kesiapan agen, hub, dan gedung di seluruh wilayah Indonesia agar bisa melayani jumlah mobilisasi paket yang melonjak.

Lion Parcel juga melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memperlancar rantai distribusi, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, vendor, dan mitra. Contingency plan juga disiapkan sebagai antisipasi jika terjadi keterlambatan pengiriman sehingga estimasi barang tiba di tujuan tetap bisa tepat waktu sesuai dengan Service Level Agreement (SLA).

“Kami juga memperkuat jaringan core system, cloud data, dan aplikasi Lion Parcel untuk menampung volume permintaan pengiriman yang meningkat,” ujarnya. Selain itu, perusahaan bagian dari Lion Air Group ini juga memanfaatkan safety limit yang akan memberi tahu apabila kapasitas cloud data yang digunakan sudah maksimal di tengah peak season seperti periode Ramadan & Lebaran. Dengan begitu, perseroan bisa meningkatkan kapasitas cloud.

Dari sisi inovasi, Lion Parcel juga meluncurkan loyalty program lewat Parcel Poin untuk mengapresiasi pelanggan. Poin ini bisa dikumpulkan oleh pelanggan di retail, marketplace, dan aplikasi. Nantinya, poin bisa ditukar menjadi potongan ongkos kirim paket, e-voucher untuk belanja fashion, food & beverages, serta potongan untuk membeli gadget.

“Kami juga akan memperpanjang program diskon 20 persen untuk pengiriman di bawah 1kg sampai Kuartal II/2023 dan tidak menutup kemungkinan program ini akan diteruskan jika animo masyarakat semakin besar,” ujarnya menambahkan. Dengan inovasi yang dilakukan Lion Parcel di tahun 2023, Kenny optimis perseroan bisa mencatat pertumbuhan 45 persen hingga akhir tahun ini.

Masih dalam acara yang sama, Kenny juga mengumumkan Chief Eksentrik Officer (CFO) terbaru mereka, Denny Sumargo. Artis dan Influencer itu akan ikut membuat strategi komunikasi yang lebih menarik untuk target segmen bersama tim marekting Lion Parcel. Kenny menjelaskan langkah tersebut dilakukan untuk mengikuti tren yang ada.

“Kami berharap ada strategi komunikasi dua arah yang dilakukan. Biasanya, BA kan komunikasinya satu arah (kita yang men-direct). Kalo sekarang kami ingin sifatnya dua arah, dimana Denny bisa memberikan strategi juga sehingga komunikasinya lebih relevan lagi untuk target segmen,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved