Marketing Trends

Omnichannel Marketing JEC Integrasikan Online dan Offline

Mubadiyah, S. Psi, MM, Senior Kadiv Markom JEC Korporat (Foto: Ist)

Jakarta Eye Center (JEC) sebagai market leader di industri layanan kesehatan mata, berkomitmen menjangkau lebih dekat masyarakat Indonesia untuk memudahkan akses dan mendekatkan layanan kesehatan mata yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman.

Rata-rata dalam setahun JEC baik di klinik pusat Kedoya, Jakarta Barat atau di cabang JEC Menteng, Jakarta Pusat, melayani 250.000 – 300.000 pasien. Layanan yang paling banyak diminati masyarakat antara lain katarak, mata minus, glukoma, mata juling, gangguan mata anak dan sebagainya.

Tingginya jumlah pasien tak lupat dari berbagai upaya yang dilakukan JEC. Menyadari tantangan era society 5.0, JEC beradaptasi dengan menerapkan omnichannel dalam melakukan strategi branding dan marketing. Dengan strategi marketing campaign yang dilakukan JEC terhadap kemajuan teknologi saat ini, JEC Eye Hospitals and Clinics mendapatkan penghargaan pada ajang Marketeers Omni Awards 2023 untuk kategori Omnichannel Branding. Parameter yang ditetapkan oleh panitia penyelenggara adalah telah menerapkan omnichannel marketing dalam inisiatif kampanye yang dilakukan.

Mubadiyah, S. Psi, MM, Senior Kadiv Markom JEC Korporat yang mewakili JEC menerima apresiasi itu mengatakan, keberhasilan ini tak luput dari kepercayaan para pasien dan masyarakat atas berbagai upaya yang dilakukan JEC dalam strategi branding dan marketing di tengah zaman yang saat ini serba digital melalui 360 komunikasi yang terintegrasi di semua platform.

“Tidak bisa dipungkiri era society 5.0 telah datang dan membuat kami harus melek digital dan cakap dengan teknologi baru yang semakin canggih. Persaingan di dunia bisnis juga semakin ketat, hingga strategi marketing kami pun membutuhkan penyesuaian. Mulai dari kegiatan yang dilakukan secara digital maupun hybrid untuk menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, tujuannya agar tiap informasi terbaru yang kami miliki bisa menjangkau banyak lapisan masyarakat di berbagai daerah”, ujar Mubadiyah dalam siaran pers di Jakarta (04/04/2023).

Sepanjang tahun 2022 inisiatif branding campaign JEC mencakup beberapa aktivitas yang beragam dengan melibatkan beberapa pihak. JEC juga menganut 360 komunikasi yang terintegrasi di semua platform, yang mencakup Event and Exhibitions, Promotion and Tactical Campaign, Public Relations Marketing, B2B Channel, Personal Channel, Community Engagement, Influencer Campaign, Advertising in Print, Radio, TV, Outdoor Ads dan Digital.

Selain itu, JEC melakukan aktivitas bersama para key opinion leader (KOL) melalui media sosial dengan melibatkan para influencer mikro hingga makro, sehingga banyak komentar masuk sebagai bentuk wujud keikutsertaan mereka dalam mendukung program kampanye JEC. Inisiatif dan aktivitas tersebut dilakukan agar dapat menangkap momentum yang ada serta disesuaikan pula dengan STP yang dimiliki oleh beberapa layanan JEC.

Sebagai contoh untuk layanan unggulan Lasik dan ReLEx Smile yang notabene ditargetkan untuk anak muda, maka channel yang digunakan pada beberapa media yang dikonsumsi oleh anak muda. Contoh, media digital dan menggunakan beberapa influencer yang relevan. Hal sejalan juga dilakukan JEC dalam mengampanyekan produk unggulan femtosecond laser katarak yang mana audiensnya adalah usia senior, sehingga dilakukan kampanye pada channel yang masih digunakan oleh target market usia tersebut dan menggunakan public figure yang juga relevan dengan usia lansia.

Presiden Direktur JEC Korporat Dr. Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K) mengatakan, selama 39 tahun, JEC telah menjangkau lebih dekat masyarakat Indonesia untuk memudahkan akses dan mendekatkan layanan kesehatan mata yang berkualitas. Penghargaan ini merupakan yang pertama diterima di tahun 2023. “Hal ini memotivasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, hingga mampu meningkatkan citra dan kepercayaan pasien serta masyarakat luas. Kami pun berharap dapat terus meningkatkan daya saing, baik dskala nasional maupun internasional,” ucapnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved