Trends Economic Issues

Pemprov Sulsel Ekspor Komoditas Andalan Capai Rp925.35 Miliar

Pemerintah Sulawesi Selatan telah mengekspor komoditas Andalan dengan total nilai US$ 61,68 juta atau setara dengan Rp 925,35 miliar. Komoditas bersertifikasi halal tersebut di ekspor ke 19 Negara tujuan yaitu; Arab Saudi, Australia, Canada, China, France, Jerman, Hungaria, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, Rusia, Spanyol, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

“Alhamdulillah, senilai US$ 61,68 juta atau setara dengan Rp 925,35 miliar kita melepas Ekspor Komoditas Andalan Sulawesi Selatan. Diantaranya sudah ada bersertifikasi halal,” ungkap Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman dalam keterangannya, Rabu (5/4/2023).

Dalam pelepasan Ekspor Komoditas Andalan Sulawesi Selatan ini, diikuti oleh 76 pelaku usaha, dengan 36 Komoditas. Dari 76 pelaku usaha ekspor tersebut, 7 pelaku usaha diantaranya telah bersertifikasi halal. Meliputi 14 komoditas yaitu Biji Kopi, Carragenan, Mete Kupas, Cocoa Cake, Cocoa Liquor, Gurita, Ikan Olahan, Kemiri, Kulit Ari Mete, Minyak Mete, Seaweed Flour, Seaweed Granule, Udang Olahan, dan Udang Segar, dengan nilai ekspor sebesar US$ 18,81 juta atau setara dengan Rp 282,25 miliar.

“Dilakukan pula Penyerahan Sertifikat Halal kepada 36 Tenant di Lego-Lego. Serta penyerahan Sertifikat Karantina Ekspor ke Perwakilan Eksportir,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved