Presdir MMKSI Baru Optimistis Jaga Kinerja Positif

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja berganti nakhoda. Naoya Nakamura, yang menjabat Presiden Direktur MMKSI sejak September 2018, berakhir masa jabatannya di Maret 2023, digantikan oleh Atsushi Kurita. Di tengah krisis global, Kurita mendapat tantangan lumayan berat, karena Nakamura telah berhasil membawa MMKSI berjaya, bahkan di tengah krisis pandemi Covid-19. Namun, Kurita sudah menyiapkan strateginya agar MMKSI tetap baik kinerjanya.
Untuk diketahui, sepanjang 5 tahun menjadi pimpinan MMKSI, Nakamura telah membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk membawa kesuksesan Mitsubishi dan berhasil mempertahankan bisnisnya melewati berbagai rintangan terutama pada masa pandemi Covid-19 yang sangat memengaruhi proses bisnis secara global.
Nakamura mampu menorehkan rekor penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada tahun 2021 lalu dengan pencapaian 104.407 unit, atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC secara global, yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbangterbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.
Menurut Nakamura, terus berinovasi merupakan kunci keberhasilan MMKSI, juga berkat dukungan media, konsumen setia dan banyak pihak. “Kami juga terusmemberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Nakamura.
Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringanMitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualansebanyak 97.936 unit, yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit.
Di beberapa model, Mitsubishi menguasai pasar, termasuk Xpander dengan penjualan 32.772 unit sedangkan Xpander Cross 17.145 unit sehingga menempatkan Xpander sebagai penguasa di segmwn Small MPV/Low SUV. Pajero juga dengan penjualan sebanyak 19.486 unit mendominasi pasar Medium SUV (2.500 cc) dengan pangsa pasar 40%.
Bukan hanya kendaraan penumpang saja yang berjaya, catatan terbaik juga ditoreh kendaraan niaga ringan MMKSI yaitu Triton 4×4 dengan penjualan 9.013 unit menguasai pasar Small Pick-up 4×4 dengan pangsa pasar 40%. Sedangkan untuk model Small Pick-up 4×2 L300 milik Mitsubishi di Indonesia menguasai pasar dengan pangsa pasar 55% di angka penjualan 19.161 unit.
Sementara dari sisi purnajual, MMKSI juga mencatat kinerja positif di mana pada tahun 2022, total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan – naik sebesar 7%. Selain itu, pertumbuhan penjualan sukucadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 7% dibandingkan dengan tahun 2021. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.
Kurita yang sebelumnya di KTB, dengan pengalamannya di Indonesia tersebut dapat membawa MMKSI menjadi lebih kuat, melanjutkan kepemimpinan Nakamura yang sangat baik dalam menghadapi berbagai rintangan di industri yang kompetitif ini. “Kami akan terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnis dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para konsumen Mitsubishi Motors baik dari sisi penjualan maupun purnajual,” ujarnya.
Pada sisi penjualan, MMKSI akan meningkatkan target penjualan dengan peluncuran model-model baru, menyediakan program penjualan menarik dengan dukungan leasing, meningkatkan frekuensi event pameransetiap bulan, juga meningkatkan aktivitas bersamakonsumen di diler. Tak hanya itu MMKSI dan diler akanberusaha untuk meningkatkan repurchase order darikonsumen loyal, dan meningkatkan serapan segmen fleet.
Dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, MMKSI akan memastikan kualitas terbaik di setiap tahap keterlibatan konsumen dari mulai pembelian hingga purnajual, baik melalui aktivitas offline – tatap muka, hingga aktivitas berbasis online dan digital secara mulus, sehingga konsumen dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan MMKSI.
Kepastian ketersediaan layanan dengan standar Mitsubishi Motors untuk konsumen di seluruh Indonesia akan dilanjutkandengan rencana penambahan 6 outlet diler baru, menjaditotal 173 jaringan diler, serta rencana penambahan 7 fasilitas authorized Bodi & Cat, menjadi total 29 fasilitas authorized Bodi & Cat pada akhir tahun fiskal 2023. Kesemua layanan dan fasilitas yang disediakan MMKSI akan dapat dirasakan dan berjalan maksimal untuk konsumen dengan kualitas humanware yang mumpuni.
“Untuk itu MMKSI akan terus meningkatkan kualitas humanware berbasil hasil survey yang dilakukan melalui aspek indeks kepuasan penjualan, indeks kepuasan konsumen, skor loyalitas konsumen, juga evaluasi fasilitas dealer. Karena ini merupakan acara pertama saya di MMKSI, saya ingin meminta dukungan berkelanjutan dari media,” ujarKurita di hadapan awak media saat acara buka puasa bersama di Lucy in The Sky, Senayan Park Jakarta.
Menurutnya, Indonesia telah memasuki era pascapandemi, namun melihat lingkungan bisnis saat ini, ada pengaruh inflasi, kenaikan suku bunga, pengurangan subsidi BBM, diskon besar-besaran oleh kompetitor dan sebagainya walau berat, tetap harus dihadapi dengan optimis. Langkah strategis yang dilakukan MMKSI dengan menghadirkan New Xpander Cross dan New L300, termasuk mengadakan studi pasar untuk mobil listrik dengan mitra nasional dan multinasional. Sepanjang tahun fiscal 2022, MMKSI juga memperkenalkan konsep branding baru“Life’s Adventure”.
MMKSI juga menyempurnakan proses bisnis dengan berbagai platform digital untuk pengalaman terbaik bagi konsumen. Dan yang paling penting, penerapan ‘tailored service experience’ dalam layanan purna jual kami, yang terus ditingkatkan untuk melengkapi siklus komitmen kami dalam menyediakan produk, layanan, dan pengalaman terbaik. “Hasilnya, MMKSI bisa meraih penjualan yang positif dan berhasil mempertahankan posisi dan total pangsa pasarnya sebesar 10,6%, serta dapat meningkatkan pencapaian kami di sisi after sales dengan pertumbuhan sebesar 7% untuk SIU dan juga 7% untuk suku cadang, aksesori, dan genuine part,” ujarnya.
Dan untuk menyeimbangkan semua hal tersebut, MMKSI melanjutkan komitmen untuk berkontribusi di bidang sosial melalui 3 pilar CSR kami secara berkesinambungansepanjang tahun. Dari sisi produk, seperti yang mungkin sudah MMKSI berencana untuk memperkenalkan SUV kompak baru dalam waktu dekat di tahun fiskal 2023, dengan Mitsubishi XFC Concept sebagai inspirasi utama produk ini. Untuk saat ini, kata Kurita, MMKSI belum dapat memberikan informasi detail, tetapi sedang dalam tahap persiapan yang intensif untuk produksi dan penjualan mendatang.
Program terpenting lainnya dalam industri otomotif Indonesia menurut Kurita adalah elektrifikasi, yang didukung pemerintah Indonesia dengan gencar untuk memajukan industri baterai EV. “Kami bertekad memberikan dukungan penuh. Pada dasarnya teknologj Mitsubishi Motors sudah siap, tapi kami selalu melihat kebutuhan pasar,” katanya.
Untuk pasar Indonesia, saat ini MMKSI sedang mempelajari kemungkinan produksi lokal dan penjualan model baterai EV. Dia berjanji akan mengumumkan rencana MMKSI dalam waktu dekat. “Di Motorsport, kami akan mendukung Mitsubishi Motors yang akan kembali berpartisipasi di Asia Cross Country Rally Championship 2023 dengan model prototipe model cross-country all-new Triton, yang saya yakini brand ambassador Rifat Sungkar akan kembali berpartisipasi sebagaisalah satu driver,” kata Kurita.
Seiring dengan rencana pengenalan model baru MMKSI di tahun fiskal 2023, juga akan meningkatkan target penjualan, menyiapkan program penjualan yang menarik, memperbanyak acara promosi, dan tentu saja mengoptimalkan perjalanan MMKSI bersama pelanggan. “Kami berusaha untuk meningkatkan repurchas order pelanggan saat ini dan memaksimalkan kepuasan mereka,” tambahnya.
Editor : Eva Martha Rahayu
Swa.co.id