Marketing Trends

InFluent Bantu Brand dan Kreator Bangun Reputasi

InFluent

Dalam beberapa tahun terakhir, influencer marketing menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif dan populer, terutama di media sosial. Berbagai brand berusaha mencari cara untuk terlibat dan berinteraksi dengan pengguna media sosial yang masif.

Survei Rakuten Insight mengungkapkan, 56% orang Indonesia terpengaruh membeli sesuatu yang direkomendasikan oleh influencer. Survei yang sama juga menemukan bahwa 47% orang Indonesia mengikuti lebih dari sepuluh influencer di media sosial.

Melihat besarnya potensi pasar tersebut, agensi public relations dan digital marketing yang berbasis di Asia Tenggara, Vero meluncurkan InFluent – tools influencer marketing terbaru yang dapat menjadi rujukan bagi para brand dan kreator.

InFluent menggunakan pendekatan influencer marketing yang terintegrasi dan ter-regionalisasi untuk membantu brand dan perusahaan di Asia Tenggara dalam mencapai tujuan bisnis dan membangun reputasi.

Umaporn Whittaker-Thompson, Group Vice President of Consumer Communications Vero mengatakan, tools ini dilengkapi dengan pedoman dan standardisasi yang dirancang untuk dapat beresonansi dengan brand dan kreator di kawasan ASEAN.

“Vero menciptakan InFluent karena kami percaya bahwa kita membutuhkan lebih banyak inovasi dalam proses kolaborasi brand dan konten kreator. Tujuan kami adalah menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, yang kemudian akan menghasilkan pengalaman online yang lebih otentik,” ujarnya.

InFluent terdiri dari empat komponen terintegrasi. Elemen pertama adalah KOL LAB, database influencer regional, contoh kontrak, dan metrik penilaian. Elemen kedua adalah TrueVibe, alat identifikasi influencer yang dapat menilai kesesuaian antara brand dan influencer melalui enam kategori.

Elemen ketiga adalah Happy Hours, sebuah program yang dirancang untuk membangun hubungan dengan influencer melalui bootcamp kreator, sesi networking, dan program influencer gifting yang berkelanjutan.

Elemen terakhir adalah ECHO+, yang dirancang untuk mengukur kesuksesan kampanye, membantu brand mencapai tujuan kampanye, dan memastikan rencana media buying selaras dengan konten sehingga dapat menjangkau audiens yang tepat dalam skala yang lebih luas.

Menurutnya, tim eksekutif Vero membangun InFluent untuk menghadirkan proses dan metodologi yang lebih ketat dalam kampanye influencer serta memastikan keunikan dan kredibilitas konten pada setiap kampanye. Tools ini didukung oleh tim Media IQ Vero, yang mengintegrasikan media planning, buying, data dan analitik, serta kemitraan dengan platform.

“InFluent diciptakan untuk mengatasi tantangan dalam industri influencer marketing, seperti di antaranya penipuan, pengukuran (measurement), dan meningkatnya misinformasi,” jelas Umaporn.

Vero akan meluncurkan tools InFluent di seluruh kawasan ASEAN sebelum akhir Kuartal I 2023. Claudia Pusung, Senior Digital Account Executive Vero di Jakarta, mengatakan, “Di Vero, kreator adalah partner kami yang berharga; kami ingin InFluent menciptakan hubungan yang berarti antara brand dan kreator di kawasan ini. InFluent akan membuahkan hasil dan kerja sama yang lebih baik untuk brand dan kreator di Asia Tenggara.”

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved