Marketing Trends

Perjalanan Mudik Domestik Diprediksi Naik 2 Kali di Momen Lebaran

Gebyar Traveloka (Foto : Niken/SWA)

Momen libur Lebaran selalu identik dengan kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga. Traveloka, travel platform memperkirakan akan terjadi peningkatan perjalanan domestik hampir dua kali lipat.

“Hal ini dilihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” ujar Shirley Lesmana, Chief of Marketing Officer Traveloka. Perusahaan melihat di tahun 2023 ini terjadi adanya perubahan tren dari pengguna Traveloka. Dimana tahun ini, momentum lebaran tidak hanya digunakan untuk mudik, namun juga berlibur.

Data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34% pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan mereka bersama keluarga tercinta, terutama dalam menyambut libur Lebaran 2023. Sebanyak 48% pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2% dibandingkan pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.

Traveloka juga mencatat berbagai destinasi yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta untuk destinasi domestik. Sementara itu, pengguna Traveloka juga menyebutkan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang juga diminati untuk destinasi internasional. Traveloka juga melihat bahwa moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus & shuttle, serta mobil pribadi.

Melihat tumbuhnya tren untuk melakukan perjalanan di periode libur Lebaran ini, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.

Rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay yang telah diluncurkan sejak 7 Maret 2023 ini mengajak konsumen untuk mengeksplorasi berbagai cara dalam merayakan libur Lebaran, mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional. Program promosi spesial menyambut bulan Ramadan ini dimulai dengan tawaran diskon hingga Rp 1 juta untuk pemesanan tiket pesawat domestik, diskon hingga Rp 1,75 juta untuk reservasi tiket pesawat internasional, diskon hingga Rp 300.000 untuk reservasi tiket kereta, diskon reservasi bus dan shuttle serta kejutan Flash Sale Ramadan.

Shirley mengatakan, Traveloka beruapaya lanjutkan inovasi dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. “Menyambut libur Lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, namun juga kesiapan dalam menghadapi lonjakan trafik pengguna,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved