Trends

Transaksi di Platform Dana Meningkat 122% Selama Ramadan 2023

Kenaikan transaksi Dana dipengaruhi peningkatan aktivitas berbelanja masyarakat, kkhususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fesyen (Foto: dok. Dana)

Dana mencatat kenaikan transaksi 122% di Ramadhan tahun ini dibandingkan 21 hari pertama bulan Ramadan tahun lalu. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna harian dengan kenaikan mencapai 103%.

“Tiap tahun, Dana mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan pada awal Ramadan. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fesyen,” ujar Lim Wimawan Kusuma, Head of Marketing Dana Indonesia pada acara Ngabuburit Bareng Dana (06/04/2023).

Lim mengungkapkan ada lima fitur di aplikasi Dana yang diminati selama bulan Ramadan di antaranya fitur kirim uang, pembayaran dengan QR, belanja di e-commerce, pulsa dan data, hingga layanan keuangan. Tidka hanya itu, pertumbuhan positif selama bulan Ramadhan pun juga dirasakan oleh mitra.

Fenomena tersebut, menurutnya, selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja. Luqman Ibnu Purnomo, VP of Business Operation Dana Indonesia menambahkan, pihaknya juga melihat pertumbuhah merchants di Ramadhan tahun 2023 dibandingkan Ramadan tahun lalu.

Kenaikan tersebut mencapai 45 persen. “Di tahun ini kami berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group,” kata dia. Kolaborasi yang dilakukan berimbas pada pertumbuhan transaksi merchant hingga 60 persen dibandingkan tahun 2022.

Dia menuturkan pertumbuhan juga dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial & investasi. “Yang tak kalah menarik, preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat,” ujar Luqman.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved