Marketing Trends

Kisah Santri Sukses Terapkan Digitaliasi dalam Menjual Produknya

Dinda Niswatul Umah Menjual Camilan Melalui Platform Online

Shopee Barokah menggelar program kompetisi bisnis digital santripreneur ‘Dari Pesantren untuk Pesantren’. Program ini bertujuan untuk membantu menciptakan ekosistem ekonomi mandiri secara digital di lingkungan pesantren.

Program ini dimulai dengan adanya pemberian pelatihan bisnis digital, kompetisi berhadiah modal usaha dan umrah, hingga kanal khusus untuk produk santri di platform Shopee Barokah. Kompetisi juga telah melatih 1.000 santri di sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung (Jawa Barat), Malang (Jawa Timur), Jepara dan Solo (Jawa Tengah) mendapatkan antusiasme yang besar dari para peserta.

Total 20 toko milik santri mendapatkan apresiasi berupa modal usaha serta umrah bagi juara 1 di masing-masing wilayah dengan rincian juara 1 mendapatkan hadiah modal usaha Rp15 juta serta umroh bagi salah satu pengelola toko, juara 2 mendapatkan hadiah modal usaha Rp15 juta dan dilanjutkan juara 3 yang mendapatkan modal usaha Rp10 juta. Shopee Barokah juga menyiapkan hadiah modal usaha masing-masing senilai Rp5 juta untuk dua finalis yang masuk ke dalam lima besar pemenang kompetisi.

Salah satu pemenangnya, Mohtar Mustofa (25), seorang santri dari Pesantren Wahid Hasyim di Yogyakarta, tidak menyangka berawal dari coba-coba memasarkan produk buatan ayahnya secara online berbuah manis. Namun, santri yang tengah mondok sambil kuliah itu tidak menyangka bisa meningkatkan penjualan produk dandang buatan tangan ayahnya. Ia kemudian melanjutkan kegiatan berjualan dandang atau sarangan yang menjadi usaha keluarganya itu di tengah kesibukannya belajar.

Semua bermula saat Mohtar melihat produk dandang karya ayahnya cukup bagus untuk dijual, namun kala itu hanya dapat dibeli oleh orang-orang di sekitar Desa Sumber Bening yang ada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tanpa sepengetahuan sang ayah, Mohtar pun ‘iseng’ menjual dandang atau sarangan penanak nasi low carb secara online melalui e-commerce. “Awal saya membuka toko online untuk menjual dandang sarangan bapak saat awal mulai kuliah di 2020. Saat itu, saya punya keyakinan kalau belum banyak orang yang membuat sarangan magic com seperti yang bapak buat. Ternyata benar, saya cek di online, belum ada yang menjualnya pada saat itu. Saya coba untuk menjualnya di Shopee, dan tidak lama ada yang beli dari luar daerah. Wah, bapak kaget dan senang,” ucap Mohtar.

Pemilik toko online TokoMu Official Store ini, mengusung konsep nasi rendah karbohidrat dan rendah gula di setiap produk dandang alumunium yang dijualnya. Mohtar akhirnya lebih serius berjualan online setelah pada Januari 2023 dengan mengikuti Pelatihan Bisnis Digital dari Shopee Barokah yang membahas seputar strategi berjualan online secara detail.

“Sekarang orderan yang datang dari daerah Sulawesi, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara Timur. Ayah saya masih suka nggak percaya kalau sarangannya terjual sampai ke luar Jawa. Alhamdulillah hasil jualan di Shopee mulai jadi pemasukan yang cukup besar untuk orang tua saya dan bahkan untuk tambahan biaya kuliah saya,” ungkap pemilik toko online TokoMu Official Store itu.

Pemenang lainnya Dinda Niswatul Umah, santri asal Pondok Pesantren Thoriqoh Mu’Tabaroh, Semarang, Jawa Tengah yang menjual camilan secara online. Dia melihat teman-teman santrinya suka mencari camilan. “Dari situ saya berpikir untuk menjadikan ini peluang saya untuk jualan sembari mencari pekerjaan. Jadi sekalian saja saya coba jual secara online untuk memperluas jangkauan pembeli,” ungkap Dinda.

Berbagai upaya dilakukan Dinda guna meningkatkan pemahamannya mengenai cari berjualan online. “Saya dapat informasi kalau Shopee mengadakan pelatihan jualan online, saya langsung daftar. Saya jadi dapat informasi mengenai cara meningkatkan trafik kunjungan toko saya. Masya Allah, penjualan saya meningkat jauh. Saat ini selalu ada penjualan setiap harinya dan Alhamdulillah menjadi pemenang juara satu Kompetisi Bisnis Digital Shopee Barokah,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved