Strategy

KB Bukopin Optimalkan Sebaran Jaringan Kantor

KB Bukopin saat ini tengah fokus terhadap inisiasi projek pengembangan infrastruktur teknologi informasi Shine Project (Foto: dok. KB Bukopin)

Setiap inovasi produk dan layanan perbankan yang terdapat pada market saat ini merupakan bentuk respons terhadap kemajuan teknologi informasi yang berlangsung dengan pesat. Menelaah kilas balik, awalnya tren layanan dan transaksi perbankan yang ditawarkan kepada nasabah disuguhkan dengan ketersediaan jaringan operasional bank yang tersebar di titik – titik strategis pangsa pasar.

Dengan demikian, nasabahdapat melakukan aktivitas perbankan pada jaringan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi menuju era digitalisasi, pelaku usaha perbankan perlahan, tapi pasti telah menyediakan kemudahan layanan tambahan melalui hadirnya internet dan mobile banking.

Saat ini era tersebut telah berkembang sedemikian rupa dengan hadirnya platform dan layanan non-bank yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas finansial, dalam fenomena ini jaringan operasional menjadi kurang relevan karna penyedia layanan dapat senantiasa memberikan pelayanan optimal melalui inovasi dan nasabah dapat langsung menikmatinya.

Terlebih, mengacu pada data yang disajikan oleh Otoritas Jasa Keuangan tahun 2015 terkait sebaran dan jumlah kantor cabang bank, dinyatakan bahwa terdapat 32.953 jaringan kantor. Mengacu pada data serupa dengan periode yang berbeda, bahwa terdapat 25.641 jaringan kantor pada posisi Juni tahun 2022. Hal tersebut mengindikasikan terjadinya optimalisasi layanan dan jaringan kantor di industri perbankan yang cukup massif dengan penurunan jaringan kantor sebanyak 22,19% dalam kurun waktu 7 tahun.

Menanggapi era dan perkembangan digitalisasi yang semakin menggeliat, KB Bukopin telah mempersiapkan produk dan layanan yang memiliki orientasi terhadap pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing lapisan demografi masyarakat. “Kami berinovasi dalam menjawab tantangan industri dan perkembangan teknologi informasi. Layanan yang telah kami siapkan dapat memiliki nilai tambah dalam hal pelayanan optimal kepada nasabah yang dibarengi dengan efisiensi dan efektifitas biaya dan SDM yang diperlukan” ungkap Robby Mondong, Wakil Direktur Utama KB Bukopin dalam siaran pers di Jakarta (03/04/2023).

Langkah tersebut juga merupakan salah satu upaya KB Bukopin dalam beradaptasi dengan perubahan habit masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan saat ini sekaligus penerapan konsep banking everywhere yang perlahan akan disuguhkan kepada nasabah.

Helmi Fahrudin, Business Retail & Service Director KB Bukopin berkata,”Kami juga meyakini upaya dalam mengoptimalisasi sebaran jaringan kantor dapat disalurkan ke dalam bentuk lain melalui pengembangan teknologi produk dan layanan yang dapat menjawab seluruh kebutuhan nasabah atas perubahan perilaku transaksional tersebut.”

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, KB Bukopin saat ini tengah fokus terhadap inisiasi projek pengembangan infrastruktur teknologi informasi Shine Project yang memiliki tagline ‘Change Everything’. Secara garis besar project tersebut merupakan langkah transformasi sistem teknologi informasi yang memiliki salah satu fokus terhadap penyediaan layanan dan fasilitas perbankan yang memudahkan masyarakat dalam menjangkau produk dan layanan yang KB Bukopin miliki.

Shine Project nantinya akan melalui beberapa tahapan fase yang berjalan selama satu setengah tahun ke depan. Setelah keseluruhan rangkaian sistem teknologi informasi telah selesai dikembangkan nantinya, Perseroan telah merancang dan mempersiapkan beberapa lini produk dan layanan unggulan yang siap menyapa dan memenuhi kebutuhan transaksi perbankan masyarakat Indonesia.

Misi Shine Project adalah menjadi one stop banking solution, yang menjadikan layanan dan solusi finansial terintegerasi dan mudah untuk dijangkau oleh nasabah. Selain itu, pengembangan projek ini memperhatikan customer-centric, guna menghasilkan produk dan layanan yang dapat diterima oleh seluruh kalangan demografi nasabah.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved