Profile Profil Profesional

CEO Mobbi: Siap Jadi One-Stop Solution Jual Beli Mobil Bekas

Naga Sujady, Presiden Direktur PT Astra Digital Mobil

Mobbi, platform jual beli mobil bekas yang diperkenalkan oleh PT Astra Digital Mobil dapat diakses melalui aplikasi dan website. Sosok di balik kehadiran mobbi tak lepas dari nama Naga Sujady. Dia sudah lama memiliki ketertarikan dan berkecimpung pada dunia financial services, lantas membuanya bergabung di mobbi.

Menurutnya dengan bergabungnya di mobbi merupakan suatu tantangan sekaligus opportunity baik secara personal untuk terus mengasah dan eksplorasi industri lain. “Menurut saya pribadi landscape mobil bekas di Indonesia sangatlah unik dan berperan penting untuk mendukung ekosistem bisnis Grup Astra secara menyeluruh, contohnya dari aspek tukar-tambah,” ujar Naga Sujady, CEO PT Astra Digital Mobil saat dihubungi SWA Online, (7/04/2023).

Sebelum bergabung dengan mobbi, Naga merintis karier di Grup Astra sejak tahun 1997 di PT Surya Artha Nusantara Finance sebagai Accounting Officer. Pernah menjabat sebagai Operational Director di PT Surya Artha Nusantara Finance (2014-2021), Direktur PT Balai Lelang Serasi (2021-sekarang) serta menjabat sebagai Presiden Direktur PT Serasi Mitra Mobil (2021-sekarang). Setelah itu, diangkat melalui RUPS mobbi sebagai Presiden Direktur mobbi sejak bulan Juni 2022.

Saat memulai dengan jabatan barunya, Naga menyadari adanya tantangan yang dihadapinya dalam memimpin. “Saya menyadari akan tantangan dari sisi ekonomi makro yang efeknya dapat dirasakan oleh seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia dan khususnya sektor industri otomotif. Namun, menyesuaikan dengan keadaan pascapandemi, yang mana masyarakat makin terbiasa dan dimudahkan untuk melakukan transaksi secara online. Maka dari itu, dengan kehadiran platform mobbi diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan mobil bekas impian yang sesuai dengan budget mereka secara online dari tahap pencarian hingga pelunasan,” terangnya.

Sebagai platform yang customer-centric, mobbi akan terus meluncurkan layanan baru dan terus berinovasi untuk mewujudkan yang semakin mempermudah pelanggan dalam jual-beli-mobil bekas. Melalui mobbi, dia berharap dapat memberikan one-stop solution, bagi calon customer untuk tidak hanya melihat berbagai pilihan mobil bekas berkualitas tetapi juga mendapatkan akses kredit serta tukar tambah langsung dengan rekanan dalam ekosistem Grup Astra melalui satu platform.

Mobbi merupakan salah satu pemain baru dalam platform jual-beli mobil bekas, mobbi bisa menjadi salah satu pesaing unggulan dan preferensi pasar untuk mencari mobil bekas berkualitas. “Saya harap animo dan kepercayaan dari masyarakat dapat segera tumbuh dari segala kemudahan yang mobbi tawarkan ke publik,” ujarnya.

Tujuan mobbi untuk menawarkan pelanggan pilihan mobil bekas yang lengkap dengan informasi yang jelas terkait kualitas mobil, membantu pembeli dan penjual mobil bekas untuk mendapatkan harga terbaik untuk mobil mereka, serta menjamin proses penjualan mobil yang mudah, cepat dan aman.

Keunggulan dari platform mobbi setiap mobil bekas yang ditawarkan telah diinspeksi oleh tim ahli dari Astra. Mobil yang tersedia telah mendapatkan sertifikasi mobbi terjamin lolos pada 152 titik inspeksi yakni bebas kecelakaan besar yang merusak struktur rangka, bebasdari kerusakan yang disebabkan oleh banjir, kilometer apa adanya dan tidak terputar, nomor rangka dan nomor mesin sesuai serta keabsahan dokumen (STNK) terjamin keasliannya. Selanjutnya, mobbi menyediakan jaminan 8 hari uang kembali jika kondisi tidak sesuai dengan mobbi Certified.

Ketika ingin menjual mobil bekas ke mobbi, konsumen akan merasakan kenyamanan dan kemudahan transaksi dengan pembayaran yang cepat, proses transfer dana akan diselesaikan dalam waktu satu jam dengan catatan seluruh dokumen sudah lengkap. Proses penjualan aman dan dilakukan oleh tim ahli dari Astra dengan harga yang kompetitif berdasarkan inspeksi yang adil.

Selain itu, ada layanan tukar tambah mobil bekas pada mobbi. Pelangggan dapat melakukan tukar tambah di mobbi dengan mudah dan transparan. Mobil lama milik pelanggan dapat ditukar tambah dengan mobil stock yang ada di mobbi maupun dengan mobil baru yang ada di dealer Auto2000 dan Astra Daihatsu.

Menurut Naga, tidak ada kriteria khusus ketika ingin menjual mobil bekas di mobbi. “Tidak ada spesifikasi khusus, selama dokumen yang diperlukan lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan secara legal, mobbi siap mengajukan penawaran untuk segala jenis mobil,” jelasnya.

Walaupun mobbi dapat terbilang baru, namun mobbi merupakan platform dari ekosistem Grup Astra yang dimana keunggulan serta kompetensinya dalam bidang otomotif sudah berpengalaman lebih dari 60 tahun. Melalui rangkaian ekosistem tersebut, mobbi memberikan nilai yang lebih dan berbeda dibandingkan dengan platform sejenis.

Adapun asuransi yang ditawarkan mobbi kepada pelanggan, dapat menggunakan berbagai layanan dari Astra Financial yang mendukung proses jual-beli mobil seperti asuransi dan layanan keuangan. “Kami bekerja sama dengan ACC group, Toyota Astra Financial Services, dan Asuransi Astra Buana. Kami berharap, hal tersebut dapat mempermudah proses jual-beli dan tukar-tambah mobil bekas melalui platform mobbi,” ujarnya.

Dalam menangkap peluang industri ke depan dan sebagai salah satu sektor pendorong terbesar dalam pemulihan ekonomi nasional, dia percaya tahun 2023 industri otomotif akan semakin bertumbuh termasuk pasar mobil bekas. Hal ini terjadi karena performa ekonomi Indonesia yang kian membaik terutama di sektor otomotif, peluang, dan sentimen positif industri mobil bekas di Indonesia, serta didukung dengan banyaknya inovasi strategi baru yang ada.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved