CSR Corner

Program Berkarya Bercerita Erha Tingkatkan Minat Baca

Berdasarkan data Laporan Tingkat Gemar Baca yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 2023, rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca empat sampai lima bahan bacaan pertiga bulan. Meskipun tingkat kegemaran membaca masyarakat menunjukan tren positif hingga meraih skor 63.9%, namun berbagai usaha aktif masih dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan tingkat literasi dan mempersiapkan generasi muda Indonesia agar dapat bersaing menjadi masyarakat global.

Untuk itu, Erha mengadakan Program Berkarya Bercerita yang merupakan rangkaian kegiatan literasi di Taman Baca Jendela Dunia milik Arya Noble Group selaku induk usaha ERHA. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas bagi anak-anak dalam mengasah kemampuan literasi, khususnya membaca dan menulis, hingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang aktif, kreatif, dan berwawasan.

Program Berkarya Bercerita pertama dilaksanakan di Taman Baca Jendela Dunia yang terletak di SD Dinamika Bekasi pada Sabtu (9/4). Kegiatan ini diisi dengan rangkaian aktivitas edutainment menyenangkan seperti kegiatan bercerita dan bermain peran yang dapat mengasah kemampuan serta meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar.

Dihadiri oleh hampir 200 partisipan yang didominasi oleh anak-anak pengepul sampah yang tinggal di kawasan TPST Bantargebang, kegiatan Berkarya Bercerita juga turut mengundang volunteer ERHA dan anggota Komunitas Acne-Free Universe untuk dapat berinteraksi langsung dengan siswa sebagai fasilitator kegiatan.

Acne-Free Universe by ERHA Ultimate Acne Cure adalah komunitas bagi acne warrior untuk membangun koneksi dan berbagi solusi serta tips and trick penanganan jerawat melalui grup daring eksklusif dan berbagai aktivitas menyenangkan. Acne-Free Universe juga merupakan komunitas jerawat pertama di Indonesia yang masing-masing kelompoknya dipimpin oleh Acne-Free Captain yang merupakan para acne influencers yang secara rutin melakukan aktivitas untuk mendukung penyembuhan jerawat.

Program Berkarya Bercerita dibuka dengan aktivitas membaca cerita bersama. Didampingi oleh kelompok relawan, para siswa secara bergantian diminta untuk membacakan satu paragraf bagian cerita di depan teman-temannya. Selanjutnya, siswa juga diajak untuk mengenal berbagai profesi melalui kegiatan bermain peran.

“Kegiatan Berkarya Bercerita disambut dengan antusias oleh seluruh siswa. Mereka terlihat sangat aktif ketika menjalani rangkaian kegiatan belajar hingga tantangan yang diberikan. Kami dari pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap semangat mengembangkan kemampuan literasi siswa Indonesia dapat terus digaungkan oleh Erha di berbagai penjuru negeri,” ujar Nasrudin, S.Pd, MMSD Selaku Kepala Sekolah SD Dinamika Bekasi.

Melalui rangkaian kegiatan belajar sambil bermain bagi anak-anak pengunjung Taman Baca Jendela Dunia, kami berharap taman baca ini dapat menjadi arena belajar yang menyenangkan dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap aktivitas membaca.

“Kami percaya upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus dimulai sedini mungkin dan diperlukan kolaborasi aktif dari seluruh pihak, tidak hanya orang tua dan sekolah. Untuk itu, pada kesempatan ini kami turut melibatkan volunteer dan anggota Komunitas Acne-Free Universe untuk mengambil bagian dalam upaya tersebut,” tandas Andreas Bayu Aji, Corporate Affairs Director Arya Noble Group, induk usaha Erha.

Arya Noble Group memiliki fokus untuk turut berpartisipasi dalam usaha pemerataan kualitas pendidikan Indonesia yang diwujudkan melalui pembangunan 7 Taman Baca Jendela Dunia yang tersebar di Kota Sukabumi hingga Banyuwangi.

Selama ini, produk-produk Erha lahir melalui rangkaian uji klinis Research & Development dan terbukti efektif serta aman digunakan. Sebagai perusahaan Intelligent DermaBeauty dengan Dukungan ekosistem bisnis yang saling berkesinambungan, saat ini Erha hadir di lebih 50 kota di Indonesia dengan 105 cabang, serta hampir 100 jenis produk skincare yang dapat di temui di Erha networks, e-commerce/market places, toko kosmetik, dan apotek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Erha melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility – CSR) yang terdiri dari 3 pilar utama. Pilar pertama, Erha in Health memiliki fokus pada upaya peningkatan kualitas kesehatan Masyarakat di Indonesia. Kedua, Erha in Edu berfokus pada peningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia. Ketiga, Erha in Envio memiliki fokus pada program-program yang terkait dengan lingkungan. Pilar-pilar CSR ini mengandung arti bahwa semua kegiatan sosial yang dilakukan oleh Erha Clinic harus memberikan dampak positif dan mempunyai manfaat yang baik untuk Indonesia. Program-program CSR yang ada dibawah naungan Erha Clinic Indonesia adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved