Management Trends

Legit Group Raih Pendanaan Seri A Rp 205,3 Miliar

Monica Evanti Andriani, CMO & Co-founder, Legit Group; Felix Nugroho Group CTO; Cendyarani, Strategic Advisor; Juliana Thamrin, COO; Bram Hendranata, Co-founder & Chairman of Legit Group

Perusahaan konseptor dan operator cloud kitchen multi-brand, Legit Group meraih pendanaan meraih seri A dengan total US$13,7 juta (Rp 205,3 miliar) dari sejumlah investor. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan modal ventura dari PT Telkom Indonesia Tbk, dan diikuti oleh SMDV, East Ventures, dan Winter Capital.

Didirikan pada 2021, saat ini Legit Group telah mengoperasikan empat merek, mulai dari Pastaria, Sei’Tan, Sek Fan, dan Ryujin yang berlokasi di lebih dari 30 titik di Jabodetabek. Uniknya, brand-brand di bawah naungan Legit Group tidak memiliki lokasi offline, melainkan beroperasi menggunakan model bisnis cloud.

Pendanaan baru ini menambah optimisme Legit Group untuk menguasai pasar melalui strategi pemasaran yang tepat di industri F&B. Keyakinan ini didukung oleh traksi kuat perusahaan sejak putaran pendanaan awal, dengan penjualan mencapai sekitar tiga kali lipat dalam waktu satu bulan, dan peluncuran merek baru.

Bram Hendrata, Chairman Legit Group menyampaikan,” Melalui pendanaan yang diperoleh dari MDI Ventures, hal ini dapat memperkuat komitmen Legit Group dalam menghadirkan lebih banyak makanan di berbagai tempat, sambil terus berinovasi dan meningkatkan teknologi yang kami miliki demi mencapai sistem operasi yang lebih efisien.”

Saat ini, sektor bisnis Legit Group tengah berkembang dengan pesat. Saat mayoritas pemilik bisnis cloud kitchen reguler baru berfokus untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani lebih banyak konsumen di daerah baru, saat ini Legit Group telah melihat adanya potensi pada teknologi F&B generasi baru yang lebih berfokus pada pengembangan merek F&B dengan menerapkan teknologi untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan demikian, Legit Group yakin bahwa fokus ini akan memberikan keunggulan kompetitif di pasar cloud kitchen.

Donald Wihardja, CEO MDI Ventures mengatakan, pengalaman Pendiri Legit Group yang telah sukses dalam dunia bisnis F&B selama 15 tahun, serta kemampuan mereka dalam mengembangkan produk dan strategi pemasaran yang inovatif serta efektif membuat MDI Ventures semakin yakin bahwa dukungan kami sebagai investor akan membantu memperkuat posisi mereka di industri F&B dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi positif dan kesuksesan yang lebih besar bagi kedua belah pihak. Investasi ini juga merupakan upaya MDI Ventures untuk memberikan dampak sosial yang positif terhadap pertumbuhan sektor agrikultur di Indonesia.

Di tengah kondisi ekonomi makro yang kerap menuntut usaha rintisan agar tetap menguntungkan, Legit Group menetapkan prioritas utamanya, yakni untuk mencapai keseimbangan ekonomi sambil terus berupaya untuk mencapai unit ekonomi yang sehat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Legit Group turut mengumumkan rencananya untuk melakukan ekspansi di tahun 2023 dengan mengambil target di wilayah Jabodetabek dan kota-kota lainnya yang memiliki potensi pasar pengiriman yang besar, setelah sebelumnya 95% outlet Legit Group masih tersebar di beberapa titik di area Jakarta.

“Melalui dukungan dari berbagai pihak, pendekatan yang strategis serta komitmen kami terhadap keunggulan kualitas produk, kami yakin bisa terus menghasilkan produk yang relevan dengan kualitas terbaik di lebih banyak daerah di Indonesia,” ujar Bram dalam keterangan resmi, Rabu (12/04/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved