Trends

Dua Minggu Jelang Lebaran, Begini Tren Penggunaan Paylater

Tak hanya menjadi momentum beribadah, Ramadan juga menjadi tradisi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang tren nya akan terus meningkat jelang Lebaran.

Kredivo, platform kredit digital yang kini semakin menjadi metode pembayaran digital pilihan juga mencatatkan peningkatan penggunaan Paylater selama Ramadan tahun ini. Peningkatan penggunaan Paylater oleh masyarakat tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo. Ada peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14% selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum Ramadan. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023.

“Tahun ini menjadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah 3 tahun. Kami optimis bahwa tren belanja masyarakat selama Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengakomodir hal ini, kami terus memperluas jaringan dan layanan kredit digital kami yang saat ini telah dapat digunakan di ribuan merchant online dan offline di berbagai kota di Indonesia serta menghadirkan promo SALEturahmi untuk masyarakat yang mulai bersilaturahmi tanpa batas,” ungkap Indina Andamari – VP, Marketing & Communications Kredivo

Selama Ramadan 2022 lalu, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55%, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31% dibandingkan Ramadan 2021. Hal tersebut menandakan sinyal positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi.

Guna mengakomodasi tren permintaan konsumen selama Ramadan-Lebaran 2023 ini, promo SALEturahmi dari Kredivo menawarkan beragam diskon hingga Rp 500 ribu, cicilan 0% serta bebas 1 bulan cicilan di lima kategori produk favorit masyarakat yaitu travel, groceries & food, home & living, fashion & beauty, serta gadget & electronics di ribuan merchant offline dan online Kredivo.

Kredivo juga mencatat di Ramadan tahun 2023 tren belanja masyarakat dalam penggunaan Paylater didominasi belanja produk untuk mempercantik rumah dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Jelang Lebaran, transaksi gadget & electronics cenderung terus alami kenaikan. Di dua minggu Ramadan 2023 ini, tren peningkatan transaksi semakin terlihat dengan jumlah transaksi kategori gadget & electronics yang meningkat hingga 14% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Terjadi juga kenaikan nilai transaksi sebesar 12% pada produk kategori travel jika dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan.

“Tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti Paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan Paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Lebaran. Masyarakat dapat membeli segala kebutuhan Ramadan atau Lebaran sekarang dan bayar nanti dengan bunga terendah dengan tenor sampai 12 bulan. Fleksibilitas yang ditawarkan ini membantu masyarakat untuk mengatur cash flow-nya. Kami optimis bahwa hadirnya Paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan momentum pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui momentum Ramadan dan Lebaran 2023 ini,” ujar Indina mengakhiri.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved