Trends

Benamkan Teknologi Artificial Intelligence, LG WashTower™ Bidik Segmen Premium

Product Marketing Washing Machine PT LG Electronics Indonesia Lenka Peruba (kiri) dan Dedi Triono, Corporate Marketing Manager PT LG Electronics Indonesia (kanan). (Foto: Dok. LG).

Ketatnya persaingan bisnis mesin cuci, membuat para produsen mesin cuci dituntut berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Mengawali tahun 2023, PT LG Electronics Indonesia (LG) memasarkan LG WashTower™ di Indonesia. Menurut Lee Tae Jin, President PT LG Electronics Indonesia, dengan bentuk unik bertumpuk dan dukungan kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelligence), kehadiran solusi pencucian pakaian ini menjadikannya yang pertama hadir di Indonesia dari jenisnya.

Kehadiran LG WashTower™ menjadi solusi pencucian pakaian cerdas dan hemat tempat dengan mesin cuci dan pengering pakaian diletakkan bertumpuk, kehadirannya membawa catatan besar sebagai yang pertama di Indonesia.Menurut Product Marketing Washing Machine PT LG Electronics Indonesia, Lenka Peruba, LG WashTower™ menawarkan dua model yaitu LG WT2117NHB dan LG WT1410NHEG. Selain pada kapasitas tampung mesin cuci dan mesin pengering, perbedaan opsi ini ada pada lapisan warna bodinya. Untuk LG WT2117NHB, kapasitas mesin cuci sebesar 21 kilogram dan mesin pengering 17 kilogram, LG WashTower™ hadir dengan warna hitam logam (blacksteel). Untuk model LG WT2117NHB dibandrol dengan harga Rp 40 juta.

Sedangkan model LG WT1410NHEG menjadi pilihan bagi kebutuhan kapasitas lebih kecil. Dengan kapasitas mesin cuci 14 kilogram dan mesin pengering 10 kilogram, model ini hadir dalam balutan kombinasi warna hijau dan beige. Harganya untuk model ini sekitar Rp 35 juta.

Dengan target pasar segmen perumahan dan apartemen, khususnya kelompok A dan A++, untuk memasarkannya, LG mengerahkan berbagai kanal penjualan. Tak hanya pada berbagai toko elektronik di berbagai kota, LG WashTower™ pun tersedia pada toko resmi LG pada berbagai kanal penjualan daring terkemuka di Indonesia.

Sayangnya, pihak LG enggan menyebut target penjualan mesih cuci yang akan menjadi andalan perusahaan asal Korea Selatan ini di Indonesia. “Tahap awal pasti tidak banyak, tapi bagi yang lebih utama adalah edukasi ke konsumen terhadap kehadiran LG WashTower™ di Indonesia,” kata Dedi Triono, Corporate Marketing Manager PT LG Electronics Indonesia.

Diakui Lee, konsep WashTower dengan bentuknya yang meletakkan mesin pencuci dan pengering pakaian secara bertumpuk terus tumbuh menjadi tren yang semakin digemari. Pasalnya, tak hanya menghemat ruang bagi penempatan, konsep ini juga memberi kemudahan lebih dalam instalasinya terkait dengan ketersediaan saluran air bersih maupun bagi pembuangannya.

Menurut Jung-Soo An, Product Director Home Appliance LG Electronics Indonesia, kesan canggih pun terlihat dari kelengkapan panel kendali Center Control™ yang diletakkan tepat diantara keduanya. Center Control™ ini menjadi kendali untuk menjalankan berbagai fungsi dari masing-masing perangkat secara keseluruhan. Baik kegiatan pencucian maupun proses pengeringan pakaian, pengguna dapat dengan nyaman mengendalikannya hanya melalui satu panel yang terintegrasi. Sedangkan untuk kecerdasan, dukungan utama hadir melalui Artificial Intelligence Direct Drive™ (AI DD™). Dengan kemampuan menyimpan dan memproses puluhan ribu data terkait optimasi pencucian dan memanfaatkan deep learning dengan berbagai sensor di dalamnya, mesin cuci ini dibuat dengan kemampuan identifikasi pola pencucian paling optimal yang menyesuaikan dengan ragam material pakaian. Penyesuaian ini termasuk gerak drum pencucian, suhu air dan bahkan waktu pencucian.

Selain itu, adanya fitur Smart Pairing™, membuat keterjalinan kerja antara mesin cuci dan mesin pengering pakaian. Mengaktifkannya membuat mesin pengering akan otomatis membuat pilihan proses pengeringan paling tepat sesuai kebutuhan pencucian sebelumnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved