Financial Report Capital Market & Investment

Cleo Perkirakan Lebaran Dongkrak Penjualan hingga Dua Digit

AMDK Cleo. (Dok. Cleo)

PT Sariguna Primatirta Tbk. (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan (CLEO), memperkirakan momentum perayaan Lebaran akan dapat mendongkrak penjualan Perseroan hingga dua digit. Optimisme ini sesuai dengan data-data Perseroan tahun-tahun sebelumnya.

“Berdasarkan pengalaman yang terjadi beberapa tahun sebelumnya, pada Kuartal II. Di mana terdapat momen Ramadan, penjualan CLEO cenderung bertumbuh double digit,” kata Wakil Direktur Utama CLEO, Melisa Patricia melalui keterangan resmi, Jumat (14/4/2023).

Aktivitas masyarakat pada masa Ramadan hingga perayaan Lebaran diperkirakan akan mendorong penjualan AMDK lebih meningkat. Peningkatan tersebut mencapai pertumbuhan positif yang lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

Pada momen Ramadan hingga lebaran, biasanya permintaan produk CLEO kemasan kecil untuk botol dan cup cenderung diminati oleh masyarakat. Kemasan kecil dan botol diminati karena mudah dibawa kemanapun, serta cocok dihidangkan ketika berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Mengantisipasi peningkatan permintaan pada masa Lebaran tersebut, Perseroan sudah mempersiapkan produksi menjelang Lebaran. Selain itu, persiapan dan pengecekan yang lebih detil terhadap jaringan distribusi dan transportasi juga telah dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait kepadatan arus mudik.

Secara keseluruhan, Perseroan melihat bisnis CLEO semakin prospektif tahun ini, terutama karena pemerintah telah mencabut aturan pembatasan kegiatan masyarakat. CLEO memperkirakan penjualan Perseroan tahun 2023 ini akan tumbuh 30%, sehingga laba bersih diharapkan dapat tumbuh double digit.

“Kita bisa berharap bahwa mobilitas dan aktivitas masyarakat yang lebih tinggi tahun 2023 ini otomatis akan membuat permintaan air minum termasuk produk-produk CLEO meningkat. Kami optimistis pertumbuhan Perseroan tahun ini juga hingga double digit,” ujar Melissa.

Terkait produk AMDK Perseroan, tambah Melisa, CLEO selalu memperhatikan kualitas air murni yang dihasilkan maupun kualitas kemasan yang digunakan dengan hanya menggunakan kemasan BPA-free. “Karena BPA merupakan zat kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan, hormon, sistem reproduksi, termasuk menjadi pemicu resiko kanker pada manusia,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved