Trends Economic Issues

Jelang Lebaran, Permintaan Transportasi Bus Meningkat Hingga 65%

Iko Putera, CEO of Transport

Menjelang mudik Lebaran 2023, data internal Traveloka mencatat peningkatan permintaan khususnya pada lini bisnis transportasi darat. Mendekati libur Lebaran, terdapat kenaikan permintaan pada moda transportasi Bus sebesar 65% (dibandingkan dengan periode libur Lebaran tahun lalu).

Iko Putera, CEO Transport di Traveloka mengatakan, selain bus, moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, shuttle dan mobil pribadi juga menjadi pilihan konsumen untuk melakukan perjalanan di momentum Hari Raya Lebaran.

Peningkatan permintaan pada lini bisnis transportasi darat yang dicatat Traveloka tersebut sesuai dengan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berdasarkan survei tersebut, perjalanan melalui moda darat berkontribusi 75% dari total seluruh perjalanan pada musim mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Kemenhub memprediksi pergerakan orang pada saat mudik Lebaran 2023 sebesar 47% dari penduduk Indonesia, yakni mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan jumlah pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2022 yakni sebanyak 85 juta orang.

Iko menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Traveloka maupun mitra transportasi, baik di tingkat operasional hingga kesiapan mitra. “Sebagai upaya dalam mengatasi tingginya arus mudik Lebaran 2023, Traveloka memperkuat kerja samanya dengan mitra PO Bus untuk memastikan kebutuhan pemudik terpenuhi dengan baik,” ungkap Iko.

Kesiapan menyambut arus mudik juga sudah terlihat pada salah satu mitra PO Bus, PO Sembodo yang mencatat kenaikan transaksi pada periode libur Lebaran. Pihaknya senantiasa melakukan penambahan armadanya sebanyak tiga unit dengan top rute Jakarta – Padang. Bambang Hadi Winarto, Pimpinan PO Sembodo mengatakan, menjelang libur Lebaran tahun ini, pihaknya mencatat peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat dengan rute terbanyak Jakarta – Padang, Jakarta – Solok, Padang – Jakarta, Jakarta – Bukittinggi, Jakarta – Pariaman.

“Kemitraan dengan hampir 400 PO Bus & Shuttle yang melayani lebih dari 2.000 rute di Indonesia, “ ungkap Iko.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved