CSR Corner

Aksi Sosial Grup Wings di Pengujung Ramadan

Ramadan menjadi bulan berkah bagi seluruh umat di dunia. Masyarakat berlomba-lomba berbagi kebaikan. Pelaku bisnis pun melakukan kegiatan sosial lebih giat lagi. Di pengujung Ramadan, Grup Wings menggelar kegiatan sosial, meski mungkin sama aksinya dengan perusahaan lain namun diramu dengan gaya berbeda.

Ada dua kegiatan sosial menarik yang digelar Grup Wings di penghujung Ramadan. Pertama, mengajak anak-anak pemulung menikmati hiburan di Kidzania Jakarta dan Surabaya. Kedua, menggelar mudik bersama.

Berbeda dengan umumnya perusahaan lain yang umumnya menggunakan bus, Grup Wings melalui merek deterjen Daia, mengajak konsumen setianya mudik mengggunakan kereta api. Perusahaan FMCG ini memperhatikan kebutuhan anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi pun memiliki kesempatan yang sama untuk berani bermimpi mewujudkan cita-cita yang lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, SoKlin Softergent, produk detergen sekaligus pelembut dari Wings Care, kembali menggelar kegiatan kampanye ‘SoKlin Softergent Berbagi Kelembutan’ yang telah dilakukan sejak tahun 2017 hingga sekarang.

Menurut Rana Gita Widawati, Brand Representative SoKlin Softergent yang ditemui di Kidzania Pasific Place Jakarta (16/04/2023), dengan menyuarakan tema ‘Berani dan Wujudkan Mimpi bersama SoKlin‘, merupakan aksi nyata Soklin Softergent dengan mengajak 200 orang anak, yang berasal dari Kelompok Kampung Pemulung Jurang Mangu Tangerang Selatan, Saung Baca GARPU (Gabungan Remaja Peduli) Jakarta, Komunitas Lentera Kota Surabaya dan Taman Baca Pesisir Surabaya, untuk berani bermimpi dalam mewujudkan cita-citanya.

“Kegiatan ini dikemas dengan kegiatan bermain edukatif di KidZania dan mengajak anak-anak ini tampil di cabaret show di panggung theater Kidzania, kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri mereka juga,” katanya.

Di hari berikutnya, Grup Wings menggelar kegiatan Daia mudik Asyik. Mereka yang beruntung berkesempatan mengikuti #DaiaMudikAsyik adalah yang berhasil memenangkan tantangan re-create / reka ulang foto Lebaran asyik mereka dan menceritakan momen seru tersebut di media sosial Daia.

Total 250 konsumen Daia diberangkatkan dalam 6 gerbong Kereta Api Argo Bromo Anggrek dan Bima dari Jakarta dan Surabaya ke 16 kota di Pulau Jawa, juga sebaliknya dari Surabaya ke Jakarta pada tanggal 17 hingga 19 April 2023.

“Karena Daia identik dengan fun washing experience yaitu membantu ibu-ibu mencuci dengan lebih mudah dan menyenangkan, maka Daia pun terinspirasi untuk membuat fun activity lain bagi para keluarga yaitu mudik,” kata Anastasia Pamela, Marketing Manager Daia yang ditemui di Stasiun Gambir Jakarta (17/04/2023).

Pamela menambahkan Daia ingin menghadirkan suasana mudik yang fun dan memupuk kebersamaan dengan keluarga, sama seperti filosofi Daia yang mempermudah pekerjaan ibu mencuci, sehingga ibu bisa memiliki waktu lebih untuk melakukan fun activities dengan keluarga.

“Kami secara khusus bekerja sama dengan KAI sebagai penyedia moda transportasi, karena perjalanan dengan kereta pun dipersepsikan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Ini kali kedua Daia mengadakan program mudik gratis, setelah sebelumnya sukses diadakan tahun 2019, dan sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menariknya peserta tantangan Daia Mudik Asik ini bisa memilih opsi yang ditawarkan Daia. Kalau mereka tidak mudik, bisa memilih THR sebesar Rp 1 juta bagi yang menang. Pamela menyebut ada ribuan peserta yang ikut tantangan ini, namun hanya 250 yang beruntung memenangkannya.

Membahas soal perilaku konsumen kepada produk detergen, setelah pandemi Covid-19 mereda masyarakat telah kembali beraktivitas sehari-hari keluar rumah, sehingga ada tren kenaikan penggunaan detergen. Momen Ramadhan pun memberikan tambahan kebutuhan penggunaan detergen, karena konsumen melakukan persiapan ekstra, tidak hanya untuk kebersihan diri, namun juga untuk menyambut silaturahmi dengan kerabat dan handai taulan seperti misalnya mencuci kain-kain yang ada di rumah seperti sajadah, mukena, gorden, taplak meja, dan lain sebagainya.

Eva Chairunisa, Kepala Humas KAI Daop 1 yang ditemui di lokasi yang sama, mengapresiasi program mudik gratis yang diselenggarakan dari berbagai instansi, salah satunya yaitu Daia.

“Kami melihat program Daia Mudik Asyik ini juga sangat membantu pemerintah dalam penanganan mudik, mengurangi kapasitas yang menggunakan jalan raya dimana salah satunya mengurangi resiko dan angka kecelakaan,” ujar Eva.

Lebih lanjut Eva Chairunisa menjelaskan jumlah ketersediaan tempat duduk jika dibandingkan realisasi tahun lalu. Tahun 2022 ada 600.000 pengguna jasa transportasi KA jarak jauh dan tahun ini baik dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen ada 1 Juta ketersediaan kursi, dimana 560.000 kursi di antaranya sudah dipesan atau terjual. Mayoritas memilih keberangkatan pra lebaran dari tanggal 17 hingga 21 April 2023. Kursi yang masih banyak tersedia adalah keberangkatan di atas tanggal 23 April 2023.

Bicara mengenai peraturan protokol kesehatan bagi para pemudik dengan moda transportasi kereta api, KAI masih mengikuti rekomendasi pemerintah melalui SM nomor 84 Kementerian Perhubungan dan juga dari Kementerian Kesehatan serta Satgas COVID.

Adapun peraturan vaksin COVID yang diberlakukan untuk KA jarak jauh yaitu bagi penumpang 18 tahun ke atas diwajibkan sudah divaksinasi ketiga sedangkan untuk penumpang 13-17 tahun diwajibkan vaksin kedua.

Jika pada rentang usia ini belum dapat divaksin dalam alasan medis dapat tetap berangkat dengan membawa surat keterangan dokter. Untuk anak 6-12 tahun yang belum divaksin tetap dapat berangkat dengan membawa surat keterangan Puskesmas. Tidak hanya itu, KAI juga menyediakan layanan vaksin di stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Berbagai antisipasi dan persiapan dilakukan oleh KAI dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2023. “Ada sebanyak 303 perjalanan kereta api tambahan selama masa angkutan Lebaran di H-10 sampai H+10. Selama total kurun waktu tersebut, termasuk KA tambahan, kami akan memberangkatkan 1.513 perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Kami juga menambahkan petugas pelayanan yang ada di Stasiun berupa customer service mobile, menambah titik boarding dan tempat tunggu penumpang,” lanjut Eva.

Dalam perjalanan DAIA Mudik Asyik, konsumen setia Daia dapat menikmati keindahan pemandangan alam di sepanjang lintasan kereta. Kereta akan berhenti di 16 kota yaitu Cirebon, Pekalongan, Semarang, Bojonegoro, Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoharjo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan berakhir di Surabaya.

“Daerah tujuan terbanyak atau daerah tujuan terfavorite yang langsung habis umumnya ke Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Purwokerto, Kutoharjo. Dimana tanggal favoritnya yaitu mulai dari tanggal 17- 21 April 2023. Kami juga menghimbau kepada para penumpang pengguna jasa KA untuk mengikuti peraturan yang berlaku terutama peraturan Vaksinasi. Perhatikan barang bawaan karena pada momen ini tingkat ketertinggalan barang sangat tinggi,” himbau Eva.

Peserta Daia Mudik Asyik juga dapat menikmati layanan tambahan yang dipersembahkan oleh Daia, misalnya ruang tunggu nyaman, hiburan menarik serta aktivitas untuk anak saat menunggu kereta, photo booth, dan layanan angkut koper oleh porter. Daia akan memberdayakan porter yang ada di Stasiun Gambir sebagai bentuk usaha memberikan kebahagiaan bagi lebih banyak lagi orang. Semua ini dilakukan sebagai bagian dari misi DAIA memberikan fun experience kepada masyarakat.

Pamela menambahkan, pihaknya merencanakan kegiatan mudik gratis ini dapat dilaksanakan juga di tahun-tahun mendatang dengan menambah cakupan yang lebih luas lagi. “Kami harap di tahun mendatang, #DaiaMudikAsyik dapat diadakan di luar pulau Jawa, seperti Sumatra dan pulau lainnya di Indonesia, dengan moda transportasi yang lebih beragam,” kata Pamela.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved