Trends

Dusun Bedugul Asri, Ekspansi Bisnis Vincentius Lianto

Dusun Bedugul Asri, Kebun Edukasi dan Rekreasi Keluarga (Foto-foto: Dusun Bedugul Asri)

Diinisiasi niat tulus untuk menjadi berkat bagi sesama, membantu menggerakkan perekonomian di Banjar Kembang Merta Desa Candi Kuning Tabanan, dengan tetap melestarikan kearifan lokal yang sudah turun temurun sebagai petani hortikultura buah dan sayur, Vincentius Lianto, yang sebelumnya telah sukses membangun imperium bisnis alat-alat kesehatan, DV Medika Group, Jumat (14/4) meresmikan operasional Kebun Edukasi dan Rekreasi Keluarga, “Dusun Bedugul Asri” (DBA).

Dengan menggandeng tenaga ahli, Lianto menata 1,3 ha lahan pertaniannya yang berada di dataran tinggi diantara perbukitan serta danau di kawasan Bedugul, menjadi tempat rekreasi yang menghadirkan dunia pertanian yang berbeda, dan memperkenalkan kembali suasana dusun yang bersahaja dengan pendekatan baru yang menyenangkan dan edukatif khususnya bagi generasi muda.

Mimpi dan visi Lianto tidaklah muluk-muluk. “Kami lakukan dengan cara yang sederhana bersama-sama untuk bisa mewujudkan apa yang kami cita-citakan, terwujudnya desa wisata farming yang menjadi berkat bagi sesame,” ungkap Lianto.

Membantu menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar telah Lianto mulai sejak awal pembangunan DBA di tahun 2019 dengan memfasilitasi gelaran pasar hasil pertanian petani sekitar menjual dan menawarkan hasil panen mereka secara langsung kepada pembeli, bertajuk ‘Cemara Sunday Market’ setiap Jumat, Sabtu dan Minggu. Seiring merebaknya pandemi Covid-19, Cemara Sunday Market terpaksa ditiadakan, namun Lianto tetap membantu memasarkan hasil panen petani lewat aplikasi digital market place dengan menyediakan cold storage serta menyiapkan kemasan ramah lingkungan tanpa memungut biaya.

“Kami sungguh-sungguh dedikasikan untuk dapat membantu mengangkat ekonomi penduduk desa dengan kearifan lokalnya, memberdayakan para pertani holtikultura yang telah turun temurun dilakukan dari generasi ke generasi,” ia menuturkan.

Vicentius Lianto, pendiri Dusun Bedugul Asri

Kepedulian Lianto terhadap lingkungan diterapkan mulai dari tidak mengubah struktur tanah dalam perencanaan arsitektur, penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan, hingga meniadakan kemasan plastik.

Di samping akomodasi berupa 8 unit villa keluarga, DBA dilengkapi restoran berkapasitas 150 tempat duduk indoor dan outdoor, hamparan taman bunga, serta lounge dan Wine and Tea pavilion. Selain itu terdapat juga green house dengan konsep urban farming, berupa bangunan multifungsi yang mengajak pengunjung melakukan perjalanan ke virtual farming untuk melihat bagaimana pertanian telah menjadi sumber penghidupan masyarakat Bali khususnya di daerah Bedugul ini sejak dahulu kala. Di malam hari, pengunjung akan dimanjakan dengan hiburan show dancing water fountain yang memukau.

Lianto juga membangun Warung Cemara — warung berbagi kasih, disini kasih dan berkat mengalir. Menyediakan berbagai masakan sehari-hari yang bahan bakunya dari hasil pertanian penduduk setempat, namun diolah chef profesional.

Selain sebagai sarana kantin bagi karyawan-karyawan, juga bisa dinikmati oleh penduduk sekitar atau siapapun juga dengan tanpa mengambil keuntungan dari penjualan. Bahkan Lianto berpesan bila kebetulan ada yang kurang mampu tetap akan dilayani.

“Semua yang kami lakukan di Dusun Bedugul Asri dibangun dengan harapan pada waktunya nanti membawa kemakmuran bagi seluruh warga desa Candi Kuning,” ujar Lianto.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved