Trends

Langkah Rumah Siap Kerja Lahirkan Lebih Banyak Solopreneur

Rumah Siap Kerja, startup edutech, menggelar inisiatif unik #LakuinBareng dari produk air mineral dalam kemasan bermerek Aerputh. Inisiatif itu pun bukan sekadar membuat masyarakat penasaran, tapi bertujuan untuk membangun komunitas solopreneurs di Indonesia.

Selama dua pekan di April 2023, ada dua kampanye inisiatif unik berupa billboard yang cari model untuk iklan Aerputh dan aksi flash drop point yang membagikan Aerputh secara gratis ke sekitar 9.000 orang.

Produk Aerputh adalah salah satu business project dalam pelatihan khusus dari startup edutech Rumah Siap Kerja lewat program SiapUsaha, yang memberikan wadah bagi setiap calon pengusaha dengan terjun langsung ke lapangan, salah satunya dengan produk Aerputh tersebut.

Inisiatif #LakuinBareng yang dilakukan sepanjang April 2023 pun diharapkan memberikan ruang kepada para solopreneur untuk mempercepat proses pembelajaran bisnisnya. Dengan inisiatif itu, masyarakat juga akan lebih sadar keberadaan produk air mineral dalam kemasan yang dijual langsung oleh para solopreneurs. Jadi, inisiatif ini akan membantu solopreneurs untuk langsung merasakan bagaimana menjual dan membuka bisnis hingga bertemu dengan para konsumen secara langsung.

Ary Mozta, Head of Marketing and Content of Rumah Siap Kerja mengatakan, tantangan dalam meluncurkan inisiatif #LakuinBareng tidak hanya untuk memperkenalkan dan berjualan Aerputh, tapi juga memikirkan cara bagaimana konsumen dan solopreneurs dapat terhubung.

“Ada beberapa yang kami pertimbangkan, seperti bagaimana cara membangun kredibilitas Aerputh agar dipercaya dan membuat konsumen membeli. Akhirnya, ditemukan jalan terbaiknya adalah mengajak konsumen terlibat langsung dalam perjalanan belajar dari para solopreneurs, dari situlah tercipta #LakuinBareng,” ujarnya.

Inisiatif #LakuinBareng secara filosofinya memiliki makna ganda, artinya pihak Rumah Siap Kerja mencoba ajak konsumen untuk melakukan bersama Aerputh dalam mendukung para solopreneurs untuk merasakan pengalaman belajar berbisnis. Makna lainnya. #LakuinBareng ini juga diharapkan bisa menjadi jalan agar penjualan para solopreneurs ini menjadi laris.

Inisiatif #LakuinBareng lewat business project Aerputh ini disebut telah meningkatkan penjualan Aerputh dari para solopreneurs. Ary Mozta menjelaskan inisiatif ini baru mulai diimplementasikan pada April 2023. Namun, inisiatif itu sudah berdampak kepada naiknya penjualan Aerputh sekitar 4-5 kali. Hasil ini cukup bagus untuk mendorong semangat para solopreneurs dalam mengembangkan bisnisnya.

“Kami melihat dampak dari inisiatif #LakuinBareng cukup signifikan bagi para solopreneurs. Harapannya, inisiatif ini menjadi titik awal untuk meningkatkan semangat para solopreneurs menjadi 100% untuk bisa menuju kesuksesan,” jelasnya.

Setelah sukses dengan inisiatif #LakuinBareng, Rumah Siap Kerja lewat program SiapUsaha akan terus meningkatkan semangat para solopreneurs untuk merintis business project Aerputh dengan cara membuka koneksi lebih luas untuk menjangkau calon konsumen.

Rumah Siap Kerja pun membuka peluang kepada masyarakat, rekan-rekan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan juga pengusaha kuliner untuk bisa melakukan kerja sama atau melakukan kegiatan bersama dengan Aerputh.

Bagi masyarakat yang ingin mendukung solopreneurs di Rumah Siap Kerja, bisa melakukannya dengan membeli langsung produk Aerputh ke para solopreneurs. Cara mengetahui siapa saja solopreneurs yang tergabung dalam business project Aerputh bisa diketahui melalui laman Aerputh.id.

SiapUsaha lewat Aerputh pun berencana untuk mengembangkan komunitas SiapUsaha di berbagai daerah baru sepanjang 2023. Untuk itu, Rumah Siap Kerja juga membuka peluang kolaborasi dengan instansi swasta maupun pemerintah serta masyarakat umum untuk mendukung para solopreneur lainnya.

Untuk diketahui, Rumah Siap Kerja didirikan oleh Sandiaga Uno sejak 2019 dan dipimpin oleh Chief of Executive Officer Roestiandi Tsamanov tidak hanya fokus untuk melahirkan solopreneur baru. Namun, juga memiliki program lainnya selain SiapUsaha, seperti SiapMahir untuk meningkatkan skill yang mendukung pekerjaan atau bisnis, serta SiapKarier yang juga untuk pengembangan karier.

Rumah Siap Kerja memiliki empat program belajar, Siapusaha untuk memulai bisnis, Siapmahir untuk meningkatkan skill, dan Siapkarier untuk mengembangkan karier. Setelah sekitar 4 tahun berdiri, Rumah Siap Kerja sudah memiliki lebih dari 1.200 program impian, 660.000 talenta, 620.000 program yang terlaksana, hingga 48 mitra profesional.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved