Marketing Trends

Tahun 2023, Olike Indonesia Incar Pertumbuhan Double Digit

Sejak hadir tahun 2017, Olike Indonesia, produsen produk aksesoris Internet of Things (IoT) gencar memasarkan produk baru dan branding. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa Olike adalah satu grup dengan ponsel Oppo di bawah payung Sands Group of Companies di Indonesia.

Brand yang dinaungi Sands Group antara lain Olike, Oppo, produk kecantikan Habebeauty, produk popok dan bayi Makuku, perusahaan ekspedisi J&T Express, JetCommerce & Tomoro Coffee. Merek Olike muncul tahun 2021 melalui rebranding penggabungan dua merek di Indonesia – Oase, pemain di pasar aksesoris & IoT, dengan Olike Edutoys, merek perangkat pembelajaran anak dan peralatan rumah tangga. Sebagai entitas gabungan, perusahaan PT Oase Teknologi Asia mempertahankan nama merek Olike.

“Olike ada di Indonesia sejak 8 tahun lalu, menyediakan produk-produk inovatif dan mendukung kebutuhan gaya hidup anak muda. Perkembangannya, Olike menyediakan produk-produk aksesoris pintar dengan berbagai inovasinya. Target pasar utama Olike adalah anak-anak muda yang ingin terus tampil stylish dan menjadikan teknologi sebagai kebutuhan untuk menunjang kebutuhan gaya hidup mereka,” jelas Cain Wang, CEO Olike Indonesia kepada SWA Online (23/04/2023).

Setiap produk dari Olike, menurut Chain, memberikan kontribusi terhadap penjualan. Sebab, masing-masing produk Olike memiliki segmentasi tersendiri dan semuanya dijual dengan harga yang terjangkau. Selama ini produk Olike yang banyak dikenal orang adalah TWS, wireless speaker dan smartwatch.

“Yang menjadi pembeda brand Olike dengan produk kompetitor adalah kami menyediakan berbagai kategori produk smart accesories seperti TWS, wireless speaker, power bank dengan berbagai pilihan yang dapat dipilih masyarakat sesuai kebutuhan mereka. Namun, tak hanya itu, harga yang kami tawarkan juga cukup terjangkau,” tutur Cain mengklaim.

Chan menjelaskan, selama Ramadan dan Lebaran Olike menyediakan berbagai promo untuk beberapa produk yang baru dilansir seperti produk TWS 103 dijual dengan harga Rp179.000. Juga, program THR (Tebar Hadiah Ramadan) dengan hadiah tertentu untuk setiap pembelanjaan tertentu.

Tahun 2023 ada beberapa strategi yang sedang disiapkan Cain. Dari sisi produk, Olike akan terus berinovasi untuk menyediakan produk-produk yang paling baru yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan kualitas yang baik. Dari sisi internal operasional, Olike akan terus meningkatkan kemampuan untuk menyediakan pelayanan bagi konsumen dan mitra.

“Setiap bulan, Olike akan merilis produk-produk baru di 2023. Sebagai brand smart accesories, tujuan kami adalah meningkatkan atau memudahkan hidup konsumen. Kami juga menargetkan pertumbuhan double digit di tahun ini,” Cain menegaskan. Target ini tidak terlalu muluk, lantaran sepanjang tahun 2022 lalu, Olike sudah mencatatkan penjualan yang naik 2x lipat dari tahun sebelumnya. Kenaikan penjualan melalui beragam marketplace dan dukungan berbagai mitra kerja sama di berbagai pelosok daerah untuk memasarkan produk Olike.

Di awal tahun ini, Olike pun aktif melakukan kegiatan branding, seperti secara offline dengan pemasangan billboard dan spanduk di toko-toko yang sudah bekerja sama. Secara online, Olike juga membuat konten-konten edukasi di media sosial yang berhubungan dengan pengguna.

Tahun 2023, Olike akan lebih banyak berinteraksi dengan para pengguna, bukan hanya dari sisi produk tapi juga dari sisi layanan dan konten-konten yang disajikan. Targetnya supaya brand Olike semakin dikenal masyarakat Indonesia. Untuk layanan purna jual, Olike memiliki 24 cabang di seluruh Indonesia. Setiap cabang memiliki 1 after sales point, sehingga konsumen dapat mudah mengklaim garansi jika terjadi masalah terhadap perangkat yang dibeli.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved